BandungKlik – Kala berlibur ke Kabupaten Poso di Sulawesi Tengah, kalian bisa menjumpai banyak surga alam yang akan membuat terpukau begitu melihatnya. Salah satunya Air Terjun Saluopa yang sangat indah dan alamnya yang masih terjaga.

Objek wisata air terjun ini terletak cukup tersembunyi, hingga kalian harus masuk jauh ke dalam hutan Sulawesi untuk menjangkaunya. Perjalanannya bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari kota Wisata Tentena, Kabupaten Poso.

Keistimewaan Air Terjun Saluopa ini, hampir tidak pernah keruh sepanjang waktu dan tetap jernih airnya. Sumber airnya mengalir dari hulu di Puncak Gunung Tangkumolonci hingga hilir di Danau Tektonik Poso atau disebut juga Danau Poso.

Gunung Tangkumolonci sendiri merupakan salah satu gunung dengan jalur tracking yang sangat menantang. Namun menjadi tujuan mendaki favorit para pencinta alam di Kota Tentena.

Begitu melihat Air Terjun Saluopa, wisatawan akan terpukau dengan keindahannya. Air terjunnya tampak cantik dengan sejumlah tingkatan. Uniknya lagi, tiap tingkatan memiliki kolam-kolam alami dengan kedalaman 2 – 3 meter.

Kawasan wisata di Sulawesi Tengah tersebut ramai dikunjungi wisatawan asing yang ingin meneliti burung ataupun ingin menikmati cantiknya air terjun. Destinasi ini pun tak jarang menjadi tempat beribadah masyarakat Kabupaten Poso di alam terbuka.

Fasilitas Penunjang Wisata

Kalau kalian berkunjung ke Air Terjun Saluopa, harus menyiapkan uang untuk membayar tiket masuk dan parkir kendaraan yang harganya cukup terjangkau. Sebagai objek wisata, kawasan ini pun sudah dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti penginapan salah satunya.

Silakan baca: Camping dan Birding Seru di Danau Tambing Poso

Di tempat wisata ini, sudah tersedia pula beberapa warung makan yang menyajikan menu kuliner khas Tentena. Tak usah khawatir, harga makanannya cukup terjangkau. Baik itu untuk makan sendiri atau dalam jumlah group.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di wisata Air Terjun Saluopa, bisa mencoba sensasi berkemah. Area ini cukup aman untuk mendirikan tenda. Beberapa tempat landai di pinggiran air terjun sudah sering menjadi tempat camping.

Selama kegiatan camping, kalian juga bisa bersantai di atas hammock. Dijamin akan menjadi aktivitas yang menyenangkan di tempat ini. Karena ditemani dengan panorama air terjun dan suara deru air mengalir yang membuat rileks.

Atraksi Wisata di Air Terjun Saluopa

Aktivitas wisata seru lainnya, kalian dapat berjalan menaiki tingkatan Air Terjun Saluopa dengan menembus derasnya aliran air, tanpa mengikuti jalur anak tangga yang tersedia. Namun untuk mencoba hal tersebut, perlu kehati-hatian yang tinggi dan keberanian yang lebih.

Ada sedikit tips untuk bisa melakukan hal seru tersebut, kalian harus berjalan pada bagian aliran air yang deras dengan langkah yang kokoh. Karena bagian yang tidak dialiri air justru menjadi tempat yang sangat licin dan berbahaya.

Kini destinasi wisata Air Terjun Saluopa semakin ramai dan menjadi salah satu fokus pengembangan pariwisata di Kabupaten Poso. Beberapa lapak untuk berjualan suvenir atau cendera mata khas daerah ini pun sudah tersedia.

Silakan baca: Buya Sabe, Kain Tenun Khas Donggala Sulawesi Tengah

Meskipun para pedagang suvenir tersebut belum tampak setiap hari membuka lapaknya. Mereka biasanya akan buka pada saat akhir pekan dan libur nasional.*