BandungKlik – Kepulauan Selayar menawarkan banyak objek wisata alam yang memukau dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari laut, pantai, pegunungan, hingga air terjun semuanya ada. Salah satunya Air Terjun Jammeng yang terletak di pesisir timur Bumi Tanadoang ini.

Destinasi wisata air terjun Selayar yang satu ini juga banyak yang menyebutnya dengan nama Ohe Gonggong. Lokasinya berada di Jammeng, Desa Laiyolo Baru, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dari objek Air Terjun Jammeng, wisatawan bisa menikmati dan memanjakan mata dengan sajian pemandangan indah yang masih asri dan alami. Suasananya pun berhawa sejuk karena terdapat tumbuhan hijau yang menjadi daya tarik tersendiri.

Makin seru lagi aliran air terjunnya sangat jernih sehingga menggoda kita untuk segera menikmati kesegarannya. Wisatawan pun bisa sekadar bermain air ataupun berenang di kolam jatuhan airnya. Jadi tidak hanya menatap dan terpukau dengan keindahan air terjunnya.

Aliran Air Terjun Jammeng bermuara ke pantai timur Kepulauan Selayar. Di mana air mengalir dari hulu ke hilir melewati tujuh tingkatan. Hal itulah yang juga menjadi daya tarik keindahan objek wisata di Kepulauan Selayar ini.

Baca juga: A’tojeng, Ayunan Tradisional Raksasa di Kepulauan Selayar

Ada lagi satu hal yang tak boleh wisatawan lewatkan saat berkunjung ke destinasi Air Terjun Jammeng. Yaitu berburu foto-foto cantik di spot-spot alami yang eksotik. Tentunya juga hasil fotonya instagenik banget buat mengisi koleksi foto di akun medsos kalian.

Objek wisata alam ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Benteng, ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar. Wisatawan bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Magnet Lain Wisata Air Terjun Jammeng

Ohe Gonggong juga memiliki daya tarik lain di sekitarnya, yaitu area hutan dan perkampungan Jammeng. Di kawasan ini juga sudah tersedia homestay untuk wisatawan yang ingin menginap beberapa hari ke depannya agar dapat puas mengeksplorasi tempat wisata ini.

Guna menjangkau destinasi wisata Air Terjun Jammeng, wisatawan bisa memilih waktu terbaiknya. Sekitar periode Desember sampai April, ketikan kondisi air tidak mengalir deras dan jernih.

Tetapi untuk mengakses objek wisata ini membutuhkan effort lebih, karena kalian harus menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 3 km dari jalan raya. Sepanjang perjalanan tersebut, wisatawan bisa menikmati suasana sejuk dari pepohonan yang terdapat di kiri kanan jalan setapak yang kalian lalui.

Baca juga: Tiga Objek Wisata Alam Unggulan Kepulauan Selayar

Selain Air Terjun Jammeng, ada pula Air Terjun Patikore yang terletak di desa yang sama dan tak terlalu jauh jaraknya. Dengan begitu, wisatawan bisa sekaligus mengunjungi dua air terjun ini. Keistimewaan dari air terjun ini karena dari beberapa titik, kalian dapat menyaksiskan pemandangan pantai barat Kepulauan Selayar dari ketinggian.*