BandungKlikYogyakarta memang gudangnya objek wisata menarik, seperti di Kabupaten Kulon Progo yang dikenal memiliki beragam wisata alam. Baik pantai, perbukitan, air terjun, hingga waduk. Salah satunya adalah Waduk Mini Kleco yang cukup populer di Kulon Progo.

Meski buatan, namun Waduk Mini Kleco tetap menakjubkan dan memesona, hingga tak heran banyak wisatawan yang berdatangan. Mereka rata-rata mencari ketenangan dan berburu sunset serta sunrise yang indah di tempat ini.

Hingga kini, Waduk Mini Kleco menjadi salah satu destinasi wisata Kulon Progo yang cukup digandrungi wisatawan. Terutama anak-anak muda yang tampak senang nongkrong di sini.

Tempat wisata Jogja ini menyajikan pesona perbukitan yang indah dan sejuk. Tambah lanskap waduk yang berarir bening membuat suasana kian menenangkan dan memanjakan mata. Apalagi jika wisatawan berkunjung ke sini pada pagi hari.

Daya Tarik Waduk Mini Kleco

Saat pagi hari, wisatawan dapat menyaksikan pesona indahnya sunrise dengan kabut tipis di atas pegunungan. Jika cuaca cerah kita bisa melihat Gunung Merapi dari kejauhan. Bahkan bisa mendengar suara aneka satwa yang berada di hutan sekitar Waduk Mini Kleco.

Silakan baca: Waduk Sermo, Surga di Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Suasana seperti itulah yang membuat banyak pengunjung datang kembali ke tempat wisata Jogja ini. Jika dibandingkan dengan Waduk Sermo memang waduk ini berukuran lebih kecil sehingga disebut waduk mini. Tapi untuk keindahan pemandangannya siap diadu. Di sini bisa jadi alternatif yang pas untuk melihat pemandangan dari ketinggian selain di Puncak Suroloyo.

Masuk ke sore hari, wisatawan bisa duduk santai menikmati syahdunya angin sore dan menunggu sunset yang cantik. Akan lebih indah lagi jika wisatawan datang berkunjung ke sana bersama orang-orang tercinta.

Bagi pecinta fotografi dan swafoto, objek wisata Jogja ini bisa jadi spot berburu foto yang menarik dan instagenik. Kemudian penyuka kegiatan di alam bebas, bisa mencoba berkemah di tempat wisata Kulon Progo ini. Tersedia area camping yang cukup memadai.

Waduk Mini Kleco pun sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Ada kamar mandi, musala, area parkir, dan gazebo. Oh iya, saat berkunjung ke sini pastikan membawa bekal yang cukup. Karena warung yang menjual makanan di sini belum begitu lengkap dan sering tutup.

Lokasi & Rute Ke Waduk Mini Kleco

Objek wisata Yogyakarta ini terletak di bagian utara Kulon Progo. Masuk wilayah Dusun Ngesong, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, namun akses jalannya mudah terjangkau.

Silakan baca: Pacu Adrenalin di Arung Jeram Sungai Progo

Dari pusat Kota Yogyakarta, wisatawan bisa bergerak menuju ke arah Jalan Godean. Lalu lanjutkan menyeberang Sungai Progo hingga bertemu dengan perempatan Nanggulan. Kemudian menuju Kantor Kecamatan Girimulyo dan ikuti jalan sampai ke jembatan. Terus belok kiri mengikuti petunjuk arah menuju lokasi waduk tersebut.

Setiap pengunjung yang ingin datang ke sini hanya dipatok biaya retribusi Rp 3000. Sedangkan untuk biaya parkir cukup membayar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk mobil.