BandungKlik Gunungkidul terkenal dengan deretan pantainya yang indah dan masih alami dengan daya tariknya masing-masing. Salah satunya Pantai Watunene yang termasuk hidden gem karena lokasinya yang tersembunyi dan belum ramai pengunjung.

Bukan hanya suasananya yang masih sepi pengunjung, pemandangan pantai tersebut sangat memukau. Kalian bisa menikmati lanskap pantai dengan tebing karst yang cukup tinggi di sekelilingnya. Ketinggian tebing karst tersebut mencapai sekitar 100 meter. Membuat pantai ini seperti tempat privasi.

Nama Pantai Watunene memang masing terdengar asing di telinga sebagian besar masyaralat. Wajar saja, karena pantai tersebut memang merupakan pantai baru yang belum banyak kunjungan wisatawan. Serta belum dikelola secara maksimal.

Alasan belum banyak pengunjung yang datang ke pantai ini karena aksesnya masih terbilang sulit. Biasanya mereka yang datang ke sini lebih memilih untuk berkemah di tepi pantai.

Pantai Watunene yang berada dekat dengan Pantai Seruni ini, memiliki area pantai yang memanjang dari sisi timur hingga barat. Sekelilingnya terdapat perbukitan dengan tumbuhan khas pantai. Sehingga kalian bisa merasakan suasana yang sejuk dan asri.

Di situ, kalian juga dapat memanjakan mata dengan hamparan pasir putih bersih dan lembut. Dengan kumpulan batu di sisi sebelah timur. Ombaknya memiliki karakteristik yang sama seperti ombak di pantai-pantai lain, besar tetapi masih bisa digunakan untuk bermain air.

Silakan baca: Menyusuri Keindahan Gua Pindul di Gunungkidul

Objek wisata Pantai Watunene terletak  di Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Berjarak sekira 5 kilometer dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang ada di wilayah Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus.

Wisatawan untuk menjangkau objek wisata pantai ini banyak tantangan yang harus dilalui. Sebagai gantinya, pengelola Desa Wisata Kalurahan Tepus (Dewi Kampus) sudah menyediakan jeep untuk berpetualang.

Perjalanan Menuju Pantai Watunene

Untuk menuju ke pantai di Yogyakarta yang satu ini, jalannya sama seperti ke Pantai Seruni. Ada tiga cara menempuh pantai tersebut. Pertama, kalian bisa melewati pinggiran pantai saat air sedang surut.

Jalur kedua, dapat melewati jalan di pertigaan sebelum ke arah Pantai Seruni. Pada jalur ini konturnya berbatu dan terjal, sempit, serta hanya bisa kalian lewati menggunakan sepeda motor sampai di ujung jalan. Kemudian lanjut dengan berjalan kaki menuju ke Pantai Watunene.

Sementara untuk jalur yang ketiga, bisa melalui Pantai Seruni. Kalian bisa memarkirkan kendaraan di area Pantai Seruni. Terus berjalan kaki melewati jalan setapak di bukit sebelah timur dan turun ke pantai tersebut.

Silakan baca: Melancong ke Pantai Ngandong Yogyakarta

Kekurangan dari di destinasi wisata Gunungkidul ini belum tersedia fasilitas penunjang wisatawan yang memadai. Karena memang belum ada akses jalan yang baik. Pantai tersebut buka dari Senin – Minggu selama 24 jam.*