Terminal Kampung Rambutan Masih Optimalkan Bus AKAP

terminal bus kampung rambutan
Suasana Terminal Bus Kampung Rambutan menjelang peniadaan mudik Lebaran mulai 6 Mei 2021, Selasa (4/5/2021). (dok. Antara).*

 

BandungKlik – Terminal Kampung Rambutan di Jakarta Timur masih mengoptimalkan layanan bus Antar Kota Antar Provinsi bagi penumpang. Hingga sehari menjelang larangan mudik mulai 6 Mei 2021, pengelola terminal belum akan menggunakan bus pariwisata untuk antisipasi lonjakan penumpang.

“Memang nanti ada antisipasi itu kalau ada lonjakan penumpang. Tapi sampai hari ini belum digunakan karena kita mengoptimalkan bus yang ada di terminal. Kalau bus yang ada tidak menampung, baru kita gunakan bus bantuan,” tutur Kepala Terminal Kampung Rambutan Made Jony, dikutip dari Antara, Rabu (5/5/2021).

Dikatakan Joni, Terminal Kampung Rambutan tidak akan melayani penumpang bus AKAP pada periode peniadaan mudik tahun ini. Meski begitu, pihaknya tetap akan mengantisipasi adanya lonjakan pada H-1 menjelang larangan mudik mulai besok Kamis 6 Mei 2021.

“Untuk perkiraan lonjakan tanggal 5 Mei masih situasional. Baru persiapan tetapi jumlahnya belum dipastikan,” ujar Joni.

Silakan baca: Inilah Aturan Pengetatan dan Larangan Mudik Lebaran 2021

Penyiapan armada tambahan tersebut untuk memastikan jumlah penumpang di dalam bus sesuai protokol kesehatan. Yakni dibatasi hanya 50 persen dari tempat duduk yang tersedia.

Sebelumnya, pihak terminal mencatat kenaikkan jumlah penumpang bus AKAP sebanyak 1.484 orang pada 3 Mei 2021. Namun, kemarin jumlah penumpang relatif menurun yaitu hanya 344 orang. Itu pun  didominasi ke arah Sumatera.

Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya lonjakan pemudik, Terminal Bus Kampung Rambutan memperketat dan menyiapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan menyiapkan pemeriksaan GeNose C19. *

Silakan baca: 

Mudik Dilarang, Kereta Jarak Jauh Tetap Beroperasi

Kereta yang Beroperasi pada Masa Peniadaan Mudik 2021