‘Teman Bus’ Trans Metro Pasundan Resmi Beroperasi

Teman Bus
Armada Teman Bus Trans Metro Pasundan, Bandung Raya. (dok. Pemprov Jabar)

 

BandungKlik – ‘Teman Bus’ melalui skema Buy The Service (BTS) pada Trans Metro Pasundan Tahun 2021 untuk Kawasan Cekungan Bandung/Bandung Raya resmi beroperasi. Peresmiannya turut dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar), Uu Ruzhanul Ulum. Bertempat di halaman Monumen Perjuangan Bandung, Senin (27/12/2021).

Mengutip dari laman jabarprov.go.id, ‘Teman Bus’ merupakan implementasi program BTS dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam bentuk aplikasi. Untuk pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan yang menggunakan teknologi telematika dan berbasis nontunai.

Aplikasi Teman Bus sendiri dapat diunduh di PlayStore, dan AppStore. Sehingga warga sekitar cekungan Bandung atau Bandung Raya dapat saling terhubung menggunakan transportasi umum berupa bus, hanya melalui genggaman gadget.

“Hari ini saya merasa bahagia, syukur alhamdulilah, salah satu permasalahan di Bandung Raya yaitu tentang kemacetan. Ada satu solusi dengan dilahirkannya Trans Metro Pasundan, di mana program dari Pemerintah Pusat (Kemenhub) ini dikhususkan untuk warga Jabar,” ungkap Uu Ruzhanul.

Silakan baca: Daftar Rute Trans Metro Bandung (TMB)

“Dengan harapan lahirnya bus ini bisa mengurangi kemacetan, polusi udara. Dan mengurangi beban hidup masyarakat karena biaya mudah dan murah,” tambahnya.

Pak Uu –sapaan Uu Ruzhanul—juga mengajak masyarakat Jawa Barat di kawasan cekungan Bandung untuk memanfaatkan program ini. Menurutnya harus sudah mulai tumbuh kesadaran akan pentingnya transportasi massal.

Koridor Bus

Pada Bus Trans Metro Pasundan di Cekungan Bandung, Teman Bus saat ini disediakan untuk lima koridor. Diantaranya Koridor 1: Leuwipanjang – Soreang, Koridor 2: Kota Baru Parahyangan (Padalarang)- Alunalun Kota Bandung, Koridor 3: Baleendah – BEC, Koridor 4: Leuwipanjang – Dago, Koridor 5: Dipatiukur – Jatinangor (via Tol). Armada bus tersebut akan beroperasi setiap hari mulai dari pukul 05.00 – 22.00 WIB.

Silakan baca: Bus Listrik Inovasi Baru DAMRI di Bandara Soekarno Hatta

Ke depannya, Pak Uu mengusulkan kepada Kemenhub RI, khususnya Ditjen Perhubungan Darat, agar mengadakan program Teman Bus ini di kawasan algomerasi lainnya di Jabar. Misalnya Ciayumajakuning, Bogor Raya, ataupun wilayah lainnya.

 

Klik halaman berikutnya