Telusur Misteri Lukisan Dinding Gua Kontilola Wamena

Gua Kontilola Wamena
Gua Kontilola, Wamena. (dok. pesona.travel)

 

BandungKlik – Petualangan di tanah Papua memang menakjubkan dengan sejuta pesona. Seperti menelusuri misteri lukisan dinding di Gua Kontilola, Wamena. Lukisan yang bergambar tiga sosok misterius menyerupai alien.

Namun sebelum menguak fakta lukisan tersebut, kita kenali dulu Gua Kontilola. Bersumber dari laman pesona.travel, nama Gua Kontilola berasal dari bahasa Papua, yaitu “Konti” yang berarti kelelawar dan “Eiola” berarti lubang besar atau gua. Maka Kontilola dapat diartikan sebagai gua kelelawar.

Di sana hidup ratusan atau bahkan mungkin ribuan kelelawar. Semakin masuk ke dalam gua, semakin banyak ditemui koloni kelelawar. Tampak di lantai gua, banyak tumpukan kotoran kelelawar. Saat sore hari, ribuan kelelawar akan keluar dari gua untuk mencari makanan.

Gua Kontilola sendiri berada di Lembah Baliem, sebelah barat daya Kota Wamena. Berjarak sekitar 25 km dari pusat kota. Perjalanan ke sana pun tidak mudah. Pengunjung harus mendaki perbukitan yang cukup terjal dan menaiki anak tangga untuk mencapai mulut gua. Jadi diperlukan jasa pemandu untuk membantu menuju gua.

Meski harus menempuh perjalanan yang berat, tapi pengunjung akan terobati kala tiba di mulut gua. Di sana, akan disuguhi aula besar berhiaskan stalaktit dan stalakmit yang indah. Tak jauh dari situ, terdapat aula kedua yang tidak kalah besar dan juga memesona.

Silakan baca: Kompleks Situs Candi Batujaya, Menyimpan Puluhan Candi

Suasananya masih sangat alami dan belum terjamah sentuhan teknologi modern. Udara dingin dan lembab akan langsung terasa kala memasuki gua. Hingga kini kedalaman gua pun belum diketahui secara pasti karena belum ada penelitian pengukuran kedalaman gua.

Lukisan dinding Gua Kontilola
Lukisan sosok misterius di Gua Kontilola. (Foto FB Atlantis Indonesia)

Daya tarik utama Gua Kontilola, yakni misteri lukisan dinding tadi. Gambar pada lukisan tersebut tidak seperti perwujudan manusia, namun lebih menyerupai sosok alien. Ada tiga makhluk berwajah aneh dengan jari berjumlah empat. Masyarakat setempat percaya pada masa lalu terdapat alien yang tinggal di dalam gua dan menggambar sesuai wujud mereka.

Posisi lukisan terdapat pada permukaan dinding gua yang sangat tinggi. Secara visual, 2 dari 3 sosok itu terlukis jelas dengan bentuk kepala yang bulat hampir sempurna. Sementara sosok satu lagi di ujung kanan terlukis kurang jelas.

Gambar sosok tersebut sangat jauh dari wajah manusia karena memiliki telinga kecil dan panjang. Bentuk mata yang bulat tanpa bulu mata, semakin membuat lukisan tersebut terlihat aneh.

Diperkirakan manusia purba Papua pada zaman dahulu belum mampu untuk mencapai bagian dinding yang terdapat lukisan itu. Masyarakat setempat meyakini lukisan dinding tersebut bukanlah buatan manusia karena sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka.

Silakan baca: Anggi Gida dan Anggi Giji, Pasangan Danau Unik di Papua

Belum ada sumber pasti yang dapat mengungkap asal-usul lukisan ini. Masih banyak pro dan kontra mengenai lukisan di dalam Gua Kontilola. Tetapi di luar itu semua, Gua Kontilola memberikan pesona eksotis nan indah untuk kegiatan petualangan di alam.*