Tebing Citatah, Wisata Memacu Adrenalin di Batuan Kapur

tebing citatah
Wisatawan menikmati panorama Tebing Citatah. (Opik Surya).*

 

BandungKlik – Bukan hanya enak dipandang, jajaran tebing di kawasan karst Citatah bisa menjadi alternatif untuk olahraga memanjat. Tebing Citatah bisa masuk dalam daftar destinasi wisata petualangan ekstrem yang cocok untuk Anda penyuka olahraga yang memacu adrenalin.

Pilihannya ada tiga, yakni Tebing Citatah 48, 90, dan 125. Pemberian nama disesuaikan dengan ketinggian masing-masing tebing. Keberadaan tebing-tebing tersebut membuat para petualang berlomba untuk menggapainya hingga puncak. Tebing yang disebut terakhir terkenal curam dan terjal.

Tebing Citatah punya morfologi yang berbukit dan terbentuk sebagian besar dari batuan kapur. Inilah yang menjadikannya terlihat unik dan berbeda dengan bukit-bukit pada umumnya. Selain kontur tebing yang unik, tebing ini pun menantang untuk dipanjat.

Silakan baca:

Adrenalin di Balik Pesona Bukit Panyaweuyan

Pesona City Light Bandung dari Gunung Putri Lembang

Bagi para petualang dan penyuka panjat tebing, kawasan ini tak diragukan lagi. Terlebih, Tebing Citatah 125 yang terletak di Gunung Singgalang punya ketinggian ideal untuk pemanjatan dan jalur pemanjatan yang variatif. Mereka yang menguji nyali sekaligus memuaskan dahaga adrenalinnya datang dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

hammocking tebing citatah
Hammocking di Tebing Citatah.

Bonusnya, mereka dapat menikmati keindahan alam khas Bandung dari ketinggian. Pada ketinggian 30 meter di tebing ini terdapat gua alami yang biasa digunakan sebagai tempat beristirahat bagi para pemanjat. Jika Anda ikut wisata pemanjatan ini, maka akan mengenakan sejumlah peralatan atau perlengkapan keamanan dan keselamatan memanjat serta didampingi pemandu.

Di samping memanjat, di kawasan tebing batuan kapur ini pun wisatawan bisa menikmati aktivitas ekstrem lainnya. Jika biasanya hammocking di antara dua pohon, di sana bersantai main ayunan dilakukan di antara tebing dengan ketinggian di atas 70 meter. Anda punya nyali? *

Lokasi :

Desa Citatah

Kecamatan Cipatat

Kabupaten Bandung Barat

Silakan baca:

Bukit Panenjoan, Spot Keren Hunting Foto Panorama Hijau

Embung Nglanggeran, Keindahan di Kaki Gunung Api Purba