Tarif Pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Disesuaikan

stasiun tes genose c19
Calon penumpang kereta api melakukan pemeriksaan pendeteksian Covid-19 melalui GeNose C19 di stasiun kereta api. (kai.id).*

 

BandungKlik – Tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun disesuaikan mulai Sabtu, 20 Maret 2021 kemarin. Setelah lebih dari satu bulan diterapkan tarif khusus atau pre-launching sebesar Rp 20 ribu, kini tarifnya menjadi Rp 30 ribu.

“KAI akan semakin meningkatkan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun secara bertahap,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari laman KAI, Minggu (21/3/2021).

Di samping penyesuaian tarif pemeriksaan GeNose C-19, mulai 20 Maret 2021 pula KAI menambah sembilan stasiun yang menyediakan pemeriksaan untuk mendeteksi Covid-19 tersebut. Pemeriksaan ini sebagai syarat naik kereta jarak jauh.

Dari sembilan stasiun, enam di antaranya merupakan kerja sama dengan Farmalab selau anak perusahaan Indofarma. Enam stasiun itu adalah Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kuotoarjo, dan Lempuyangan. Sedangkan tiga stasiun lainnya hasil kerja sama dengan Rajawali Nusindo, yaitu Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

Dengan adanya penambahan itu, kini total stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 menjadi 23 stasiun. Sebelumnya 14 stasiun telah melayani pemeriksaan GeNose C19 yaitu Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, dan Ketapang.

 Silakan baca:

Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya

Dikatakan Joni, hasil pemeriksaaan GeNose C19 di 23 stasiun tersebut dapat digunakan untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan jarak jauh.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, pemeriksaan GeNose C19 di stasiun nantinya bakal terintegrasi dengan ticketing system KAI. Dengan demikian, hasilnya secara otomatis muncul pada layar boarding pertugas. Kata Joni, fitur tersebut saat ini sedang dalam tahap finalisasi.

“Sejak awal hadirnya layanan pemeriksaan GeNose C19 dalam rangka skrining Covid-19 pada moda trasportasi kereta api berjalan lancar,” kata Joni.

Bagi pelanggan yang hendak menggunakan moda transportasi kereta api diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. *

Silakan baca:

KAI Tambah 2 Stasiun Lagi Layani Tes GeNose C19