Tanjung Datuk, Pahatan Alam Eksotis di Timur Natuna

Tanjung Datuk
Pesona eksotis Tanjung Datuk Natuna.

 

BandungKlik – Tanjung Datuk merupakan destinasi wisata yang berada di ujung timur laut Natuna. Dengan luas area sekitar 7 ha, destinasi tersebut menyajikan panorama pahatan alam nan eksotis dan unik.

Keunikannya mungkin tidak akan ditemukan di tempat lain. Sehingga menjadikan kawasan ini memiliki karakteristik tersendiri. Dihiasi pasir pantai yang putih dan didominasi bebatuan beraneka rupa.

Nama Tanjung Datuk sendiri muncul dari sebutan masyarakat untuk sebongkah batu di sisi paling ujung menjorok ke arah laut. Bentuk batunya kotak menyerupai wajah manusia sedang mengenakan tanjak, topi khas Melayu. Sosok yang biasa mengenakan topi seperti itu, dikenal sebagai datuk.

Destinasi wisata bahari ini pun, menjadi lokasi terbaik untuk menikmati momen sunset dan sunrise. Termasuk sebagai spot foto yang ciamik dengan latar lanskap pantai dengan deburan ombak dan bebatuan berderet indah.

Silakan baca: Inilah 5 Pantai Indah Memesona di Natuna

Terdapat pula kolam-kolam kecil yang terbentuk akibat kikisan deburan ombak pada bebatuan sekitar bukit batu berwarna kuning kecoklatan. Air kolamnya yang begitu jernih memudahkan untuk dapat melihat ikan-ikan kecil yang terkadang masuk ke dalam kolam.

Namun untuk bisa menuju spot tersebut, wisatawan harus ekstra hati-hati dan kondisi fisik yang fit. Sebab konturnya berbukit, sehingga harus menyusuri jalan menurun ke bawah menuju pantai pasir putih.

Lokasi Tanjung Datuk berjarak sekitar 60 km dari Kota Ranai. Ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan memakai kendaraan roda empat atau roda dua.

Disarankan menggunakan kendaraan roda empat level offroad atau lebih baik sepeda motor, dikarenakan medan jalan yang terjal menanjak untuk bisa parkir.

Silakan baca: Tebing Koja Tangerang Eksotis Mirip Sarang Godzilla

Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan dan minuman. Sebab di sana belum tersedia fasilitas penjualan minuman ataupun makanan.*

 

 

 

Sumber & Foto: disparbud.natunakab