BandungKlik – Desa Wisata Ciburial adalah salah satu dari lima desa di Jawa Barat yang masuk 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021. Desa wisata ini mengusung tema wisata edukasi sehingga cocok untuk anak-anak dan keluarga.

Secara administratif, desa wisata ini berlokasi di Sukalaksana, Samarang, Kabupaten Garut. Wisatawan yang berkunjung bukan hanya menikmati beragam sajian paket wisata, tetapi juga bakal menyaksikan berbagai potensi kearifan lokal. Potensi alam, budaya, sosial, dan kegiatan ekonomi masyarakat dikemas menarik untuk memanjakan wisatawan.

Lantas, apa saja daya tarik wisata di desa ini?

Berkemah

Kegiatan luar ruang ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin merasakan tidur di alam bebas. Pihak pengelola telah menyediakan tenda-tenda yang bisa digunakan bersama keluarga.

River Tubing

Selain dapat menikmati suasana desa yang masih alami dengan berjalan kaki, wisatawan dapat melakukannya sembari bermain air. Ya, river tubing alias papalidan di Sungai Cikamiri yang dingin dan jernih.

Ngagogo

Ngagogo merupakan kegiatan seru dan menyenangkan, yaitu menangkap ikan beramai-ramai dengan tangan kosong, tidak menggunakan alat.

Ketangkasan domba Garut

Di salah satu titik di lokasi desa wisata ini, wisatawan dapat menyaksikan atraksi ketangkasan domba Garut. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa merasakan sensasi memandikan dan memberi pakan domba-domba yang berkualitas.

Silakan baca: Seni Ketangkasan Domba Garut, Benar-Benar Adu Domba

Seni ibing pencak silat

Salah satu atraksi warisan budaya yang diperkenalkan di Desa Wisata Ciburial adalah seni ibing pencak silat. Praktiknya, seni ini ditampilkan oleh Paguron Silat Gajah Putih Mega Paksi.

Kaulinan budak lembur

Kaulinan budak lembur ditampilkan untuk melestarikan tradisi permainan anak-anak zaman dulu. Wisatawan bisa ikut berpartisipasi dalam permainan tersebut.

Lukisan dekorasi

Bukan media kanvas atau kertas, wisatawan bisa belajar membuat lukisan dekorasi. Media yang digunakan adalah cecempeh (nyiru kecil).

Batik khas Garut

Sensasi lain yang menyenangkan adalah wisatawan dapat membuat batik sendiri khas Garut. Hasilnya bisa dibawa pulang sebagai cenderamata, dan tentu saja kenang-kenangan yang mengesankan.

Kerajinan akar wangi

Di sekitar desa wisata ini terdapat tanaman khas setempat, yaitu akar wangi atau usar yang kaya manfaat. Salah satunya sebagai material kerajinan tangan. Wisatawan dapat melihat tahapan-tahapan pembuatan kriya lokal dan mengglobal tersebut. *

 

Silakan baca: Pesona Desa Wisata Selasari, Ada Tubing Seru di Santirah