Taman Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Miliki Ikon Baru

Gua Kiskendo Kulon Progo
Patung kera dan kepala Subali-Sugriwa, ikon baru Taman Wisata Gua Kiskendo. (dok. Dinpar Kulon Progo)

.

BandungKlik – Taman Wisata Gua Kiskendo atau disebut juga Gua Kiskendha yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta, kini tampil dengan ikon baru. Ikonnya berupa patung kera dan kepala tokoh pewayangan Subali dan Sugriwa.

Merujuk pada legenda pewayangan, Taman Wisata Gua Kiskendha merupakan tempat pertempuran antara Raja Mahesa Sura dari kerajaan Kiskendha dan patihnya Lembu Sura melawan Subali dan Sugriwa.

Subali dan Sugriwa merupakan wanara kakak beradik yang diperintahkan para dewa untuk merebut  Dewi Toro, seorang dewi cantik yang diculik oleh Mahesa Sura.

Legenda itupun divisualisasikan dalam relief di sekitar pintu masuk Gua Kiskendo dan juga Sendratari Sugriwa Subali. Dinas Pariwisata Kulon Progo membuat instalasi karya seni berupa patung kera dan kepala tokoh ikonik Sugriwa – Subali. Tujuannya untuk memperkuat aksen khas dari legenda Sugriwa Subali.

Gua Kiskendo Kulon Progo ini ditemukan pertama kali pada tahun 1820. Baru pada tahun 1979 tempat ini resmi dibuka menjadi objek wisata. Lokasinya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo dan berada di perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Gua ini memiliki kedalaman sepanjang 1,5 kilometer di dalam bumi Bukit Menoreh dan terdapat dua percabangan besar di dalamnya. Di dalam gua, tepatnya pada bagian dinding terdapat stalaktit dan stalakmit indah.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, instalasi karya seni tersebut merupakan wujud untuk merevitalisasi Gua Kiskendha. Tujuannya agar lebih diminati wisatawan.

Silakan baca: Tebing Breksi Yogyakarta, Destinasi Unik Bekas Galian Batu

“Instalasi karya seni berupa patung ini kami beri nama Kiskendha Mrahaswara. Merupakan wujud kami untuk membangkitkan dan menggelorakan pariwisata berbasis budaya. Selain itu adanya patung-patung ini diharapkan menjadi ciri khas dan daya tarik di Taman Wisata Gua Kiskendha,” ungkap Joko Mursito dikutip dari laman dinpar.kulonprogokab.go.id.

Kehadiran patung karya seniman patung lokal Kulon Progo ini, diharapkan menjadikan Taman Wisata Gua Kiskendha yang selama ini dikenal hanya wisata guanya bisa lebih diminati oleh masyarakat luas. Karena Taman Wisata Gua Kiskendha juga memiliki area taman yang bisa dikunjungi wisatawan bersama keluarga.*