Taman Tematik Balai Kota Bandung Pas Untuk Rekreasi Keluarga

Taman Tematik Balai Kota Bandung
Taman bunga bagian dari Taman Balai Kota. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)

 

BandungKlik – Balai Kota Bandung selain menjadi Kantor Wali Kota Bandung, juga menjadi destinasi wisata kota berupa taman tematik. Sebelum pandemi Covid-19, taman-taman tematik tersebut selalu dipadati pengunjung, terutama saat akhir pekan atau libur nasional.

Di sana, pengunjung bisa menikmati keindahan taman tematik yang asri. Dengan suasana sejuk pepohonan dan tanpa dikenakan biaya masuk.

Ada tiga taman tematik di Balai Kota Bandung yang tertata rapi. Inovasi dan renovasi taman tematik tersebut dikembangkan atas inisiasi Ridwan Kamil yang menjabat Wali Kota Bandung saat itu.

Berikut ini tiga taman tematik di Kompleks Balai Kota Bandung yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Namun jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat di masa pandemi sekarang.

Taman Balai Kota 

Taman ini sebenarnya sudah ada sejak dulu dan dikenal dengan sebutan Taman Dewi Sartika. Baru pada 19 Desember 2017, diresmikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai Taman Balai Kota dengan wajah baru.

Silakan baca: Teras Cikapundung, Wisata Edukasi di Bandung

Di dalamnya terdapat tugu Badak Putih di Taman Badak, kolam dangkal, kebun binatang mini, taman bunga, kolam air mancur, area bermain anak-anak, toilet, dan musala. Di sini pun banyak spot menarik untuk latar swafoto Anda bersama keluarga.

Taman Labirin

Taman Labirin sebelumnya disebut Taman Merpati dengan ciri khas pohon trembesi besar dan terdapat kandang burung merpati. Kemudian Wali Kota Ridwan Kamil merevitalisasi dan sekaligus merenovasi menjadi Taman Labirin.

Taman Tematik Labirin Balai Kota Bandung
Salah satu akses masuk labirin mini di Taman Labirin.

Taman ini dibentuk menjadi labirin mini dengan 4 pintu masuk. Labirin ini jauh dari kata seram. Tak seperti labirin di film Harry Potter yang memiliki pagar tanaman tinggi hingga membuat seram.

Di Taman Labirin, Balai Kota Bandung justru mengasyikkan, terlebih bagi anak-anak. Dinding jalur labirin pun dibuat tak terlalu tinggi dan tak berkelok-kelok. Jalurnya, hanya melingkari dua pohon trembesi besar berusia ratusan tahun. Dengan jalur jalan berlantai granit selebar setengah meter.

Taman Sejarah

Taman terakhir merupakan taman baru yang dibangun di atas lahan seluas 2,6 km persegi. Posisinya berada di sebelah utara Gedung Balai Kota Bandung. Dulunya area ini bekas Gedung DPRD Kota Bandung.

Taman Sejarah sendiri diresmikan keluarga Rd. Wiranatakusumah, pada 24 Januari 2017. Dikembangkan pada masa pemerintahan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Taman Sejarah di Balai Kota Bandung
Stand kaca informasi sejarah Wali Kota Bandung dan tokoh Persib di Taman Sejarah.

Nama Taman Sejarah diambil sesuai tema yang diusung, yakni  sejarah Kota Bandung. Di situ terdapat stand kaca berisi informasi berupa gambar dan biografi Wali Kota Bandung dari masa ke masa. Juga ada informasi tokoh Persib Bandung Adjat Sudrajat.

Silakan baca: Kebun Binatang Bandung Tampilkan Singa Tanpa Kandang

Selain itu, taman ini juga dihiasi dengan mural warna-warni yang terkesan imut dan “nyeni banget”. Gambar mural yang menceritakan tentang perjalanan Kota Bandung dari masa ke masa. Mulai dari prasejarah, hingga Bandung saat ini. Termasuk kisah Legenda Tangkuban Perahu. Fasilitas lainnya terdapat kolam renang mini dan playgorund bagi anak-anak.*