Taman Sejarah Kota Bandung, Tak Hanya Cerita Masa Lalu

taman sejarah kota bandung
Taman Sejarah Kota Bandung. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

 

Taman Sejarah di Kota Bandung menyajikan sejumlah informasi sejarah tentang kota ini dalam bentuk artistik yang kekinian.

 

BandungKlik – Sesuai namanya, ini adalah taman dengan beragam informasi sejarah dan sekelumit cerita Bandung baheula. Tak hanya menyajikan cerita masa lalu, tetapi juga menjadi ruang publik sekaligus tempat bermain.

Taman favorit dan cantik ini dilengkapi dengan kursi-kursi taman. Khususnya akhir pekan, di saat kondisi normal, taman selalu dipadati masyarakat sebagai ajang tamasya keluarga.

Betul, destinasi wisata edukatif di Jalan Aceh Kota Bandung ini terbilang nyaman dan banyak dikunjungi warga kota sejak diresmikan hingga sekarang. Tepatnya, taman tersebut berlokasi di bekas lahan parkir Gedung DPRD Kota Bandung. Pendek kata, taman masih berada di lingkungan kantor pemerintahan Kota Bandung.

Selain menyajikan informasi tentang pemimpin-pemimpin Kota Bandung dari masa ke masa. Taman menyajikan pula relief khusus yang menceritakan sejarah Bandung era Wiranatakusumah.

Secara umum, Bandung masa lalu hingga masa kini terkisahkan pada tembok yang didesain dengan grafis modern. Ada Kota Bandung era saat ini, Tangkuban Parahu, masa setelah kemerdekaan hingga Persib.

Spot informatif juga disajikan pada media kaca dengan stiker bergambar wajah, kiprah dan sejarah Wali Kota Bandung dari masa ke masa. Seperti Wali Kota Bertus Coops yang menjabat pada 1913-1928. Dinding kaca dengan gambar para tokoh tersebut, menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto di Taman Sejarah.

Silakan baca: Taman Tematik Balai Kota Bandung Pas Untuk Rekreasi Keluarga

Kolam anak

Lainnya adalah informasi sejarah dalam desain mural dengan cerita dan kisah yang berbeda. Di taman ini juga terdapat kolam dangkal yang bisa dipakai bermain air oleh anak-anak. Kolam mini ini terletak di dekat dinding mural.

Taman Sejarah tidak hanya menjadi tempat untuk bersantai masyarakat, tetapi juga menjadi sarana edukasi yang dapat menambah pengetahuan khususnya sejarah Kota Bandung. Kendati begitu, taman di pusat kota ini tak bisa dinikmati saban hari. Soalnya, setiap Senin pemeliharaan taman rutin dilakukan sehingga ditutup untuk pengunjung.

Sementara ini, warga dan pengunjung masih harus bersabar karena Taman Sejarah masih ditutup di masa pandemi Covid-19. *

Silakan baca: Asyik Bermain di Taman Super Hero Bandung