Taman Cerdas Jebres, Wisata Edukasi di Kota Solo

Taman Cerdas Jebres Solo
Taman Cerdas Jebres di Kota Solo.

 

BandungKlik – Kota Solo, Jawa Tengah memiliki destinasi wisata kota dan wisata edukasi berupa taman yang menjadi favorit warga lokal karena lengkap dan megah. Namanya Taman Cerdas Jebres, dibangun pada 2014 lalu di atas lahan seluas 3,5 hektare.

Taman Cerdas Jebres termasuk taman kota terlengkap di Solo. Di sana dilengkapi fasilitas arena bermain anak, ruang serbaguna, perpustakaan, ruang IT, ruang teater terbuka, dan ruang audio visual. Ada pula radio anak dan ruang gamelan.

Perpustakaan dan ruang IT berada di gedung utama. Sementara radio anak berada di gedung edukasi yang dipinjam oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Solo.

Tak hanya gedung tertutup, Taman Cerdas Jebres juga dilengkapi arena bermain untuk melatih ketangkasan anak. Misalnya jungkat-jungkit, perosotan hingga lorong yang tersambung dengan gazebo. Lalu terdapat panggung terbuka layaknya panggung Ramayana Taman Wisata Candi Prambanan yang berada persis di belakang gedung utama, sebagai wahana aktualisasi diri.

Ikon yang paling menarik di sana, yakni keberadaan enam patung tokoh pewayangan yang terdiri dari Kresna, Bima, Gatotkaca, Rama, Shinta, dan Hanoman. Patung-patung tersebut terbuat dari fiber setinggi tiga meter.

Selain tokoh pewayangan, jangan lewatkan untuk menilik ragam relief serta patung tembaga, diantaranya patung tokoh proklamator Indonesia Soekarno- Hatta dan Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Kemudian ada patung dinosaurus juga yang menjadi objek favorit anak-anak.

Silakan baca: Wisata Sambil Edukasi Nuklir di BATAN Bandung

Akses menuju ke taman tersebut cukup mudah. Lokasinya berada di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo atau belakang Solo Technopark. Berkunjung ke sana tak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Pengunjung cukup membayar retribusi parkir kendaraan saja.*

 

Sumber & Foto: Dispar Kota Surakarta