BandungKlik – PT KAI memberlakukan syarat terbaru naik kereta api jarak jauh dan lokal, salah satunya tidak mewajibkan penumpang memakai masker. Syarat ini mulai berlaku 12 Juni 2023.

Tentunya, diperbolehkannya tidak menggunakan masker bagi penumpang yang sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19. Namun demikian, KAI menganjurkan penumpang melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat. Vaksinasi dosis keempat dianjurkan terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI senantiasa mendukung seluruh kebijakan pemerintah untuk perjalanan kereta api pada masa transisi endemi Covid-19.

Kata dia, relaksasi protokol kesehatan tersebut diharapkan dapat menjadi titik balik kebangkitan moda transportasi kereta api. Selain itu, dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

“KAI berkomitmen tetap melakukan upaya preventif dan promotif guna pencegahan penularan Covid-19. KAI terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan untuk mengendalikan penularan Covid-19. Sehingga layanan perkeretaapian yang sehat, aman, dan nyaman bagi seluruh pelanggan selalu terwujud,” tutur Joni, dikutip dari kai.id, Selasa (13/6/2023).

Syarat perjalanan naik kereta api jarak jauh dan lokal.

  • Dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua/dosis keempat terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.
  • Penumpang diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.
  • Dianjurkan tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat/ berisiko Covid-19, sebelum dan saat melakukan perjalanan.
  • Dianjurkan tetap membawa hand sanitizer dan atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala. Terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan.
  • Bagi penumpang dalam keadaan tidak sehat dan berisiko tertular atau menularkan Covid-19 dianjurkan menjaga jarak. Selain itu, dianjurkan menghindari kerumunan orang untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.
  • Masyarakat atau pelanggan dianjurkan tetap menggunakan aplikasi SatuSehat untuk memonitor kesehatan pribadi.*

Silakan baca:

Mudik Naik Kereta? Ini Ketentuan Bagasinya