Syaamil Quran, Destinasi Wisata Religi Kota Bandung

Kampung Wisata Syaamil Quran
Rombongan pelajar saat berkunjung ke Syaamil Quran. (dok. Syaamil Quran)

 

BandungKlik – Wisata sambil melihat proses pembuatan mushaf suci Al-Qur’an, kini tak perlu pergi jauh ke Arab Saudi. Ternyata di Kota Bandung pun ada dan menjadi salah satu destinasi wisata religi yang unik. Tempatnya bernama Kampung Wisata Syaamil Quran.

Destinasi Kampung Wisata Syaamil Quran ini diresmikan pada tahun 2019. Berlokasi di kawasan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Hadirnya destinasi tersebut merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, pengusaha, dan masyarakat.

Di sana wisatawan bisa belajar dan melihat secara langsung proses kreatif pengembangan Al-Qur’an agar tetap mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, bisa melihat proses produksi mulai dari mencetak hingga menyatukan lembar demi lembar kertas menjadi sebuah mushaf suci umat muslim.

Tak hanya itu, wisatawan yang berkunjung akan dihadiahi pembelajaran melalui program “Semua Bisa Ngaji”. Mulai dari membaca Al-Qur’an memakai nada, menghapal Al-Qur’an dengan cepat, hingga menulis Al-Qur’an.

Selain itu, juga diluncurkan program Lingkungan Cinta Al-Qur’an, Kampung Bebas Buta Huruf Al-Qur’an, dan Hafiz Quran atau Kampung Al-Qur’an lainnya yang tersebar di 6 kelurahan

Pemkot Bandung pun tengah mengembangkan Kampung Wisata Syaamil Quran ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang makin dikenal oleh wisatawan. Hal ini sejalan dengan visi Pemkot Bandung untuk mewujudkan Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis.

Kampung wisata tersebut, hadir sebagai upaya mewujudkan Bandung Agamis. Dengan adanya destinasi tersebut, tentunya diharapkan dapat menarik wisatawan agar terus mengunjungi Kota Kembang.

Silakan baca: Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Destinasi Wisata Lengkap di Bandung

Berkunjung ke sana tanpa dipungut biaya alias gratis dan terbuka untuk umum, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, komunitas, kelompok pengajian, hingga lembaga pemerintah maupun swasta yang ingin melihat langsung proses mencetak mushaf Al-Qur’an.

Untuk waktu operasionalnya masih terbatas, hanya dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis. Kunjungan minimal berjumlah 25 orang dan diharuskan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Informasi lengkap dan reservasi bisa datang langsung ke tempat di Jalan Babakan Sari I/ No. 71 Kiaracondong, Bandung. Bisa juga menghubungi via telepon (022) 720 8298 atau kunjungi situs syaamilquran.com.*

 

Sumber: disbudpar.bandung