BandungKlik – Magelang memiliki Candi Borobudur sebagai daya tarik utama yang telah mendunia. Namun selain pesona candi, di sekitar Borobudur juga terdapat objek wisata kekinian yang menyajikan spot instagenic. Svargabumi namanya.

Svargabumi merupakan destinasi wisata yang terbilang masih baru, dibuka pada Agustus 2020 lalu. Menyajikan spot-spot instagenic di tengah hamparan sawah. Di atas areal seluas 3 hektare itu, berjejer hampir 30-an spot foto. Pilihan tepat bagi wisatawan pecinta swafoto dan fotografi.

Begitu masuk area destinais ini pun, pengunjung sudah langsung disambut permadani hijau hamparan persawahan yang luas. Lalu berjumpa spot foto berupa pintu gebyok yang biasanya terdapat pada rumah adat Jawa. Pintu gebyok ini langsung berhadapan dengan kompleks persawahan.

Masuk lebih dalam, wisawatan akan diajak menjelajahi seluruh spot di Svargabumi. Mulai dari kolam renang, sofa, aneka kursi, hammock, hingga ayunan dengan dominasi warna putih.

Meski berada di tengah sawah, pengunjung dijamin tak akan kotor terkena lumpur. Pasalnya pengelola sudah menyiapkan jalan yang terbuat dari kayu. Tinggal menyusurinya untuk sampai ke sejumlah spot foto.

Selain pemandangan sawah, pengunjung pun bisa mengambil foto ciamik berlatar Candi Borobudur serta Bukit Menoreh. Tak heran, tempat ini dikenal sebagai spot terbaik menikmati kemegahan Candi Borobudur dari kejauhan. Saat sore hari lebih eksotis lagi karena adanya momen sunset.

Silakan baca: Candi Borobudur, Inspirasi Peradaban Manusia

Di antara banyaknya spot foto, terdapat beberapa spot favorit wisatawan. Seperti spot ayunan dan hammock di area bawah. Di titik tersebut akan mendapatkan semua lanskap dan tentunya instagenic. Jika kesulitan memilih latar foto yang keren, ada petugas di sana yang siap membantu.

Spot-spot modern tersebut dibangun dengan tetap menjaga lingkungan. Pembangunannya juga mengatur pola tanam sawah yang ada. Sehingga ada beberapa spot yang padinya baru saja ditanam, mulai menghijau, bahkan menguning tanda siap dipanen.

Tiket & Fasilitas

Wisatawan yang masuk akan dikenakan tiket masuk seharga Rp.30 ribu per orang. Sementara untuk usia anak-anak dibanderol Rp.15 ribu. Tiketnya dapat dibeli secara langsung di lokasi wisata atau secara daring di laman resmi detinasi ini, svargabumi.store.

Fasilitas yang tersedia di sana juga sudah cukup memadai. Tersedia toilet, musala, rest area yang rindang, hingga area parkir yang sangat luas. Ditambah deretan warung makanan hingga suvenir.

Akses & Lokasi

Lokasi Svargabumi berada di Dusun Ngaran, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 2 km dari Candi Borobudur dengan waktu tempuh hanya sekira 5 menit.

Dari Candi Borobudur, tinggal arahkan kendaraan ke selatan hingga perempatan. Lalu belok ke kanan dan terus maju sekira 300 meter. Objek wisata tersebut akan tampak di sebelah kiri jalan. Bersebelahan dengan Balkondes Borobudur.

Silakan baca: Tebing Breksi Yogyakarta, Destinasi Unik Bekas Galian Batu

Tempat wisata Svargabumi dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, kecuali hari Kamis. Khusus selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Svargabumi bisa saja tutup pukul 15.00 WIB.*

 

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah