Sukabumi Fokus Pengembangan Pariwisata Bagian Selatan

ujunggenteng pariwisata sukabumi
Pantai Pangumbahan Ujunggenteng Kabupaten Sukabumi. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Pemerintah Kabupaten Sukabumi fokus pengembangan pariwisata di wilayah selatan dalam upaya menyejahterakan masyarakat. Selain pariwisata, pemerintah setempat juga mengembangkan sektor pertanian dan infrastruktur.

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat mengadakan pertemuan dengan para kepala desa dan tokoh masyarakat di Balai Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Senin (8/3/2021).

Dikatakannya, wilayah selatan Sukabumi terus didorong untuk kesejahteraan masyarakat. Pengembangan dilakukan terutama pada sektor pariwisata dan pertanian yang selama ini menjadi fokus Pemkab Sukabumi.

“Pengembangan sektor-sektor ini harus dipahami para kepala desa. Perlu dukungan dari masyarakat dalam memajukan wilayah selatan khususnya di sekitar Ujunggenteng,” ujar Marwan.

Dikutip dari laman sukabumikab.go.id, menurut Marwan, jika semua berkolaborasi dan saling mendukung maka pembangunan akan berdampak besar bagi masyarakat.

“Ketika area Ujunggenteng ditata dengan baik dan diberdayakan, insya Allah masyarakatnya pun akan sejahtera,” ucapnya.

Silakan baca:

Mengenal Penyu di Tempat Penangkaran Berikut Ini!

Selain menjadi program Kabupaten Sukabumi, kata Marwan, kawasan Ujunggenteng juga mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Bahkan, dalam waktu dekat lokasi yang akan dikembangkan menjadi area pariwisata akan ditinjau langsung.

Tak hanya sektor pariwisata dan pertanian, pembangunan infrastruktur juga terus ditingkatkan terutama jalan. Di wilayah selatan, beberapa aksesibilitas jalan dikelola pemerintah pusat dan provinsi.

Saat ini, beberapa ruas jalan utama di selatan sudah mulai di-hotmix lagi bahkan Jalan Baros – Tegalbuleud sudah dirampungkan pemerintah provinsi. Jalur utama Palabuhanratu juga sudah diajukan kepada pemerintah pusat untuk diperlebar.

“Alhamdulillah, Kementerian PUPR menyanggupi penanganan jalan ke arah Palabuhanratu. Mulai dari pembesaran hingga memotong belokan-belokan agar tidak terlalu patah,” tutur Marwan.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Pangumbahan Supendi mengatakan, program pengembangan di kawasan Ujunggenteng harus didukung penuh oleh masyarakat. “Ini untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. *

Silakan baca:

Menikmati Teluk Ciletuh dari Puncak Darma