BandungKlik – Banyak orang yang suka makan ikan—salah satunya marlin—karena lebih sehat ketimbang daging lainnya. Meskipun ada juga orang yang tidak tahan dengan sembarang jenis ikan sehingga hanya menyukai jenis tertentu karena rasanya yang sedap.

Ya, ikan marlin termasuk jenis ikan yang banyak disukai orang di dunia. Selain rasanya yang enak, ikan ini banyak manfaatnya bagi kesehatan karena nutrisi yang dikandungnya.

Marlin dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ada dua jenis marlin yang paling umum, yaitu putih dan biru. Ikan ini bisa tumbuh menjadi sangat besar dengan panjang mencapai 18 kaki dan berat 2.000 pon. Terlepas dari ukuran tubuhnya, marlin adalah perenang yang cepat dan gesit, mampu mencapai kecepatan lebih dari 50 mil per jam.

ikan marlin
Ikan marlin putih. (fishingambition.com)

Saat kita sedang berlibur di pantai dan kulineran sea food, bisa mencoba menu ikan marlin jika tersedia. Lantas, apa saja manfaatnya?

Menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit kardiovaskular

Ikan marlin biru mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengontrol tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Meningkatkan perkembangan kognitif

Jenis ikan ini mengandung banyak nutrisi yang membantu perkembangan otak sehingga menjadi makanan yang sangat baik terutama untuk anak-anak. Oleh karena itu, akan sangat baik jika ibu menjadikan marlin sebagai lauk untuk dikonsumsi anak sehari-hari.

Baik untuk pencernaan

Daging marlin biru baik untuk pencernaan karena mudah diserap tubuh dan tidak memberatkan kinerja usus serta tidak menyebabkan susah buang air besar. Marlin biru juga baik untuk bayi yang belum memiliki proses pencernaan yang sempurna.

Membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Ikan marlin biru dapat membantu menyehatkan gigi dan tulang karena kandungan kalsium, vitamin D, dan fosfornya.

Meningkatkan kesehatan rambut

Kebanyakan orang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota. Oleh karena itu, kita perlu menjaganya sebaik mungkin. Kandungan yang terdapat pada ikan lincah ini termasuk sumber vitamin A yang baik yang membantu meningkatkan kesehatan rambut. Rambut akan tampak bernutrisi dan tidak kusam.*

 

Sumber: steemit.com & healthtips.ph

Silakan baca:

Mengesankan, Inilah Fakta Mineral dalam Garam 

10 Manfaat Madu yang Mengejutkan bagi Kesehatan