Spot Selancar Favorit di Pantai Pangandaran

spot selancar pantai pangandaran
Wisatawan bermain selancar di Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran. (dok. limakaki).*

 

BandungKlik – Spot favorit bermain selancar di Kabupaten Pangandaran berada di tiga pantai berbeda yakni Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, dan Pantai Madasari. Di kawasan Pantai Pangandaran, sedikitnya ada tiga lokasi favorit peselancar dengan medan dan tantangan yang berbeda.

Selain di Pantai Barat dan Pantai Bulak Setra, ada juga blok Batu Mandi Putih dan blok Batu Layar di kawasan Pantai Pasir Putih Timur Pangandaran. Ini merupakan lokasi favorit menikmati selancar di Pangandaran.

Pantai Bulak Setra berdekatan dengan Pelabuhan Nelayan Cikidang. Di pantai tersebut terdapat break water atau pemecah gelombang sehingga gelombang ombak menggulung beraturan dan tidak terlalu liar.

Bagi peselancar pemula, lokasi tersebut cocok menjadi tempat bermain atau berlatih selancar. Risiko tenggelam akibat terseret gelombang tidak terlalu besar karena adanya break water tadi. Selain itu, Pantai Bulak Setra berada di lokasi strategis di kawasan Pantai Timur Pangandaran sehingga tak perlu repot menempuh perjalanan yang jauh.

Pemandu wisata senior Pangandaran Asep Kartiwa mengatakan, di Pantai Barat Pangandaran atau Pantai Bulak Laut jenis ombaknya dikenal dengan nama beach breaks atau ombak yang memanjang.

“Datang musim ombak beach breaks ini sekitar Agustus – September. Ombak jenis ini banyak digemari peselancar,” kata Asep, beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan spot selancar di Pantai Bulak Setra, blok Batu Mandi hanya direkomendasikan bagi peselancar nonpemula. Lokasi tersebut tersembunyi di balik hutan cagar alam tepat di Pantai Pasir Putih Pangandaran. Untuk sampai di sana, peselancar mesti masuk dari pintu Cagar Alam Pananjung dan berjalan kaki sekira 10 menit.

“Spot surfing di Batu Mandi tidak direkomendasikan untuk peselancar pemula. Ombaknya terlalu ganas dan bisa membahayakan peselancar apabila belum terlalu mahir,” kata Asep mengingatkan.

Selain di blok Batu Mandi Pantai Pangandaran, para peselancar profesional biasanya bermain di Pantai Batu Karas dan Pantai Madasari. *

Silakan baca: Tujuh Wisata Pantai Terindah di Pangandaran

Silakan baca: Bermain Body Rafting, Refreshing Hilangkan Penat