Spot Diving dan Snorkeling Terbaik di Sumbar

Diving da Snorkeling Sumbar
Diving di perairan Sumbar sambil melihat bangkai kapal Belanda. (dok. sumbar.travel)

 

BandungKlik – Spot diving dan snorkeling terbaik di Indonesia cukup banyak, termasuk yang ada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Sumbar memiliki keindahan bawah laut yang memukau, sehingga snorkeling dan diving sudah menjadi salah satu tujuan wisatawan yang datang ke sana.

Di bawah ini ada sejumlah spot diving atau snorkeling terbaik di Sumbar dan menjadi tujuan favorit para wisatawan.

Spot Diving

Sumbar memiliki spot diving kelas dunia. Terutama di Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Padang Pariaman. Diantaranya berikut ini:

  • Gosong Laut di perairan Kota Padang dengan keindahan panorama terumbu karang, bahkan penyelam bisa menyaksikan penyu yang biasa lalu lintas di perairan ini.
  • Pulau Air, Kota Padang. Di dasar lautnya terdapat bangkai kapal Belanda yang tenggelam pada masa penjajahan. Kini bangkai kapal itu telah ditumbuhi aneka warna terumbu karang. Di sana, penyelam juga bisa menyaksikan hiu tutul berukuran besar.
  • Pulau Pieh, Padang Pariaman yang memiliki karang dinding terjal bawah laut yang berlapis terumbu karang.
  • Perairan laut Mandeh, Pesisir Selatan yang juga mempunyai dinding bawah laut terjal dengan hamparan terumbu karang alami dan indah. Objek ini menjadi salah satu panorama indah yang bisa dinikmati para penyelam.
  • Pulau Pandan, Kota Padang memiliki keindahan bawah laut dan juga terdapat benteng peninggalan Belanda.

Spot Snorkeling

Tak hanya miliki spot diving, Sumbar juga mempunyai spot snorkeling yang menjadi aktivitas favorit wisatawan selain menikmati keindahan alam pantai. Antara lain sebagai berikut:

  • Pulau Pagang menjadi salah satu lokasi favorit snorkeling di Sumatera Barat. Pulau ini dihiasi pasir putih yang indah dan langsung menghadap ke Samudera Hindia. Selain itu, terdapat pula terumbu karang serta berbagai jenis ikan laut.
  • Pulau Pasumpahan menjadi objek wisata yang wajib disinggahi para pecinta snorkeling. Di sana air lautnya jernih dan bibir pantai yang lebar, sehingga menjadikannya salah satu destinasi wisata favorit di Sumatera Barat.
  • Pantai Carocok Painan, Pessel merupakan salah satu lokasi snorkeling terbaik di Sumbar. Pantai ini juga menjadi pusat hiburan bagi masyarakat Painan, namun pada masa liburan, destinasi ini banyak didatangi wisatawan.

Silakan baca:

Bukit Nobita, Spot Keren Menikmati Panorama Kota Padang

Pesona Keindahan Pantai Pasir Padi Pangkalpinang

Begitu banyak titik diving dan snorkeling di Sumbar yang bisa dinikmati. Membuat Sumbar menjadi salah satu destinasi yang layak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ditambah daya tarik wisata lainnya yang beragam, mulai dari kuliner, budaya, sejarah, hingga wisata bahari.*

 

Sumber: sumbar.travel