BandungKlik – Situ Gede merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kota Bogor. Situ atau danau seluas 6 hektar ini, menyajikan panorama alam yang menawan dengan suasana asri serta berhawa sejuk.

Hawa sejuk tersebut berasal dari hutan yang mengelilingi Situ Gede Bogor. Hutan ini merupakan kawasan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan. Berfungsi sebagai lokasi Pusat Penelitian Kehutanan Internasional atau Cifor (Center for International Forestry Research).

Air di Situ Gede berasal dari mata air yang bermuara di Situ Burung, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Setelah terkumpul di danau, air ini sebagian digunakan untuk irigasi sawah dan perkebunan di sekitar Kelurahan Situ Gede yang luasnya sekitar 70 hektar.

Di samping bermanfaat sebagai penampung air, situ ini pun dijadikan sebagai sarana rekreasi dan olahraga. Panorama alam di sekitar danau, terutama pada saat matahari akan tenggelam, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Pesona situ akan lebih indah dinikmati sambil duduk di perahu yang mengelilingi pulau mungil di tengah danau. Tidak jauh dari lokasi Situ Gede terdapat dua buah anak danau lagi, yaitu Situ Leutik yang kini sudah menghilang dan Situ Panjang.

Silakan baca: Empat Destinasi Wisata Bersertifikat CHSE di Kota Bogor

Menurut anggapan warga sekitar, ketiga situ itu jika diamati secara seksama akan tampak berbentuk menyerupai sebilah kujang. Senjata khas masyarakat Jawa Barat yang juga menjadi lambang Provinsi Jawa Barat.

Objek wisata situ ini sudah memiliki fasilitas pendukung, seperti area parkir, taman gazebo, area perkemahan, tempat kuliner, toilet, dan tempat ibadah. Ditambah spot foto keren, perahu bebek, serta perahu kayuh.

Rute & Lokasi

Danau yang menawan ini, berada di Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat. Berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Bogor. Lokasi yang dekat dengan Kota Bogor ini, menjadikan Situ Gede relatif mudah untuk dijangkau.

Rute menuju ke sana bisa dimulai dari Stasiun Kota Bogor. Wisatawan tnggal naik angkutan umum nomor 03 (BS-Bubulak) dan turun di Sindang Barang Jero(SBJ). Kemudian naik angkutan umum 15 (SBJ-Ps.Anyar) dan langsung turun di Situ Gede.

Jika berangkat dari Terminal Baranangsiang Kota Bogor, bisa menggunakan angkot nomor 03, lalu turun di Sindang Barang Jero(SBJ). Lanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum 15 (SBJ-Bubulak) hingga tiba di lokasi.

Silakan baca: Berikut 6 Tempat Rekreasi Ramah Anak di Bogor

Bagi wisatawan yang memilih menggunakan kendaraan pribadi dan datang dari arah Jakarta, dapat melalui Jalan Sholeh Iskandar-Yasmin-Terminal Bubulak-Situ Gede. Sedangkan bagi yang datang dari arah Kota Bogor dapat melalui Jalan Gunung Batu-Terminal Bubulak-Situ Gede.*

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kota Bogor