Situ Cileunca, Panorama Romantis yang Memanjakan Mata

situ cileunca
Situ Cileunca di Pangalengan Kabupaten Bandung dengan fasilitas glamping di tepi danau. (Helmy)*

 

BandungKlik – Situ Cileunca menyajikan panorama yang indah dan mengesankan. Suasana romantis yang memanjakan mata tercipta sekaligus menghadirkan pengalaman tak terlupakan.

Betul, ini bukan danau alami. Namun, Situ Cileunca menawarkan panorama yang mengagumkan dan kesan mendalam.

Seturut sejarah, Situ Cileunca dibangun selama tujuh tahun dari 1919 hingga 1926 pada masa pemerintah Hindia Belanda. Telaga buatan yang sudah berusia lebih dari seabad ini terhampar seluas 180 hektare.

Berjarak sekira 50 kilometer dari Alun-alun Kota Bandung, Situ Cileunca dapat ditempuh 2 hingga 2,5 jam saja. Tak hanya dapat diakses dengan sepeda motor tetapi juga kendaraan roda empat bahkan bus besar. Terlebih, jalan menuju destinasi wisata ini terbilang cukup baik.

Bagi wisatawan yang ingin lebih cepat tiba boleh memanfaatkan fasilitas jalan tol Soreang – Pasirkoja. Bila melalui jalan bebas hambatan ini berarti sudah lebih dari sepertiga perjalanan. Dari Soreang kemudian ke Banjaran dan Cikalong, perjalanan akan mulai melewati jalan menanjak dan berliku dengan pemandangan perkebunan teh yang memanjakan mata.

Panorama romantis Pangalengan tercermin pada Situ Cileunca yang berhawa sejuk cenderung dingin. Berperahu keliling danau juga menghadirkan pengalaman rekreasi yang berbeda.

Aktivitas seru luar ruang dan favorit di Situ Cileunca adalah berkemah. Jika ingin yang lebih eksklusif, bermalam ala glamorous camping (glamping) di tepi danau dapat menjadi opsi.

Di ketinggian 1.550 mdpl, Situ Cileunca seolah begitu dekat dengan angkasa. Andaikata langit lagi cerah, pemandangan semesta yang spektakuler bisa disaksikan dan diabadikan dari tepi danau. Tak ayal, pemandangan milky way nampak indah sejauh mata memandang.

Ingin aktivitas yang lebih menantang? Rafting adalah pilihan yang tepat. Ini Kiat Aman Bermain Rafting Bagi Pemula. Uji kekompakan sembari rafting sejauh 5 kilometer di Sungai Palayangan bakal menambah seru waktu liburan bersama. Air sungai yang berasal dari Situ Cileunca ini begitu dingin dan menyegarkan. *

Lokasi:

Desa Wanasari

Kecamatan Pangalengan

Kabupaten Bandung

Silakan baca:

Waduk Darma, Danau Buatan yang Memesona