Sirkuit Mandalika Gunakan Aspal SMA, Ini Kelebihannya

sirkuit mandalika
Lintasan bermotif di Sirkuit Mandalika. (@itdc_id).*

 

Sirkuit Mandalika boleh dibilang sirkuit dengan teknologi paling maju di dunia saat ini, salah satunya penggunaan aspal SMA.

 

BandungKlik – Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tak hanya menyajikan pemandangan yang indah. Penggunaan teknologi aspal terbaru sirkuit ini disebut-sebut yang terbaik di dunia.

Inilah teknologi pengaspalan bernama Stone Mastic Asphalt (SMA).

Dikutip dari @itdc_id, SMA merupakan campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan aspal. Tujuannya untuk memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone sehingga volume aspal yang digunakan semakin kecil.

Salah satu kelebihan SMA adalah memiliki daya penetrasi tinggi yang membuat pembalap tidak mudah tergelincir saat kondisi jalan licin (wet race) akibat hujan.

Namun, sirkuit sepanjang 4,31 Km dengan 17 tikungan ini bukan satu-satunya yang menggunakan teknologi tersebut. Saat ini, baru ada tiga sirkuit yang menggunakan teknologi SMA, yaitu Phillip Island (Australia), Yas Marina (Abu Dhabi), dan Silverstone (Inggris).

Selain aspal lintasan yang terbaik, kerb yang befungsi sebagai marka tengah dicat menggunakan alat dan cat khusus dari Jerman. Pengecatan ini dilakukan oleh perusahaan spesialis race track, yaitu Roadgrip dari Inggris dengan subsidiary mereka Roadgrip Motosport Indonesia (RMI).

(@itdc_id).*

Motif kain tenun

Tampilan Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika memang begitu cantik. Salah satu tikungannya, bahkan mengundang perhatian mata siapa pun. Ya, tikungan 16 diberi sentuhan motif warna garis cat yang unik dan lebih mencolok. Motif tersebut merupakan motif kain tenun hasil kerajinan masyarakat Sasak Lombok.

Warna cat lintasan sirkuit terdiri dari merah, putih, dan hijau di bagian tepi. Merah dan putih fungsinya untuk memandu pembalap di lintasan. Sementara itu, warna hijau menandakan pembatas lintasan (track limit). Bagian ini tidak boleh terkena ban motor pembalap. Apabila pembalap menyentuhnya bisa dijatuhi penalti.

Dengan segala fasilitas berkelas internasional, Sirkuit Mandalika telah dinyatakan lulus homologasi oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). *

 

Silakan baca:

5 Kuliner Khas Mandalika Lombok yang Wajib Dicoba

Tujuh Pantai di Sekitar Sirkuit Mandalika, Indah Memesona