Singang, Masakan Ikan Pedas dan Asam Khas Sumbawa

Singang Sumbawa
Tampilan singang yang menggugah selera.

 

BandungKlik – Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB) tak hanya diberkahi keindahan alam yang memesona, tetapi juga memiliki khazanah kuliner tradisional yang menggugah selera. Salah satunya Singang atau sering juga disebut Singan.

Kuliner primadona dari Tana Samawa tersebut, merupakan masakan tradisional dengan resep turun temurun. Tampilannya sepintas mirip gulai ikan karena berkuah kuning. Namun singang mempunyai cita rasa dan pesonanya sendiri.

Singang berbahan dasar ikan laut segar, biasanya jenis bandeng atau kakap. Kemudian dimasak dengan kuah yang berbumbu rempah sederhana.

Terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan asam jawa. Ditambah cabe dan kemangi yang dimasukkan saat ikan sudah mulai matang.

Silakan baca: Satai Bulayak Khas Sasak, Cita Rasa Gurih dan Pedas

Kuah dari masakan ini sangat menyegarkan dengan warna-warna cerah dari bumbunya. Warna kuning dari kunyit dipadu dengan warna hijau dari daun kemangi dan warna merah dari cabai rawit.

Perpaduan bumbu rempah itu menghasilkan kuah yang segar bercita rasa pedas dan asam. Lebih nikmat disantap dengan nasi putih hangat. Dijamin ketagihan!

Bagi wisatawan yang berkesempatan berlibur ke daerah Sumbawa, bisa dengan mudah untuk mencicipi kelezatan singang. Karena masakan khas ini  tersedia di beberapa warung makan lokal setempat, seperti di lokasi wisata Pantai Goa.

Silakan baca: Lempah Kuning Bangka, Hidangan Ikan Laut Kuah Kuning

Selain kaya bumbu rempah dan menggugah selera, masakan khas ini juga memiliki sejumlah varian. Antara lain singan toar, singan bukat, singang basah, singang asam, sakepak, mangkela, dan pengat.*

 

 

Sumber & Foto: disbudpar.ntbprov