Simak! Ini Tips Bersepeda Saat Berpuasa

tips bersepeda saat berpuasa
(Irwan Akhmad/ Bandung Klik). *

 

BandungKlik – Bersepeda saat berpuasa, mengapa tidak? Tips berikut ini bisa Anda pertimbangkan sehingga bersepeda lancar dan ibadah puasa tetap ditunaikan dengan baik.

1. Hindari cuaca panas. Setidaknya ada dua waktu yang lebih baik untuk melakukan aktivitas bersepeda di saat sedang berpuasa, yaitu pagi dan sore menjelang buka puasa.

2. Jika bersepeda menjadi pilihan untuk aktivitas rutin maka kayuhlah secara santai dan tidak memforsir tenaga. Alokasikan waktu yang lebih longgar dari biasanya sehingga Anda tidak terlambat sampai tujuan.

3. Pilih jalur yang relatif tidak padat atau cenderung macet. Kondisi lalu-lintas yang macet kerap mempengaruhi emosi para pengguna jalan. Nikmatilah setiap kayuhan dan tetap sabar. Jika memungkinkan, pilihlah jalur hijau. Selain sejuk, pepohonan di pinggir jalan akan menyuguhkan suasana yang lebih baik.

4. Jika bersepeda dilakukan di luar rutinitas, maka bersepeda sore sambil ngabuburit bisa menjadi pilihan. Ngabuburit bersama keluarga atau kerabat sepertinya akan menambah suasana lebih seru. Rute tempuh sebaiknya tidak terlalu jauh (tidak lebih dari 20 kilometer).

5. Meski tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman seharian, sebenarnya tubuh masih memiliki cadangan energi dalam bentuk glikogen, lemak dan protein. Artinya tubuh memungkinkan untuk berolahraga. Hanya saja porsi olahraga dikurangi, cukup berkeringat dan tidak sampai bercucuran.

6. Baiknya olahraga bersepeda dilakukan sore hari kira-kira 30 menit menjelang berbuka puasa. Selain tidak terlalu panas, cuaca sore hari lebih membantu dalam menahan dan menghindari dahaga. Ini untuk mengantisipasi menurunnya cadangan cairan tubuh alias dehidrasi. Selain itu, tidak terlalu lama menunggu waktu minum sesuai kebutuhan. Hindari minuman dingin atau mengandung es.

7. Untuk mengoptimalkan olahraga bersepeda saat berpuasa, optimalkan pula waktu sahur Anda—sahur yang baik dan benar. *

Silakan baca: Buah Kurma untuk Buka Puasa, Ini 5 Manfaatnya!

Silakan baca: Top 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Fisik