BandungKlik – Setelah lelah menempuh perjalanan menuju ke Yogyakarta, wisatawan bisa melepas rasa lelah dan penat dengan fasilitas Shower & Locker. Di tempat singgah ini, wisatawan bisa menyimpan barang atau membersihkan diri, baik dalam waktu sebentar atau pun lama.

Lokasinya cukup strategis, terletak di Selasar Malioboro. Tepatnya di Jalan Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Wisatawan mudah menemukannya, terutama yang baru tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Shower & Locker merupakan tempat singgah yang dilengkapi fasilitas penyewaan loker serta mandi yang dikelola anak perusahaan KAI, PT Kereta Api Pariwisata. Perusahaan yang bergerak khusus di bidang pariwisata.

Sebelumnya, fasilitas tersebut telah beroperasi di Stasiun Gambir, Jakarta. Kemudian diperluas ke Stasiun Tugu Yogyakarta karena melihat tingginya kunjungan ke Kota Yogyakarta. Jadi hingga kini baru tersedia dua outlet.

Silakan baca: Romantis, Pesona Senja di Malioboro Yogyakarta

Tempat mandi dan penyewaan loker ini terbuka untuk umum sebagai bentuk kepedulian KAI Pariwisata. Dengan memberi fasilitas kepada penumpang kereta api untuk bisa mandi dengan nyaman dan menitipkan barang dengan aman.

Mekanisme Pemesanan

Sejak dibuka Juni 2021, Shower & Locker mendapat respon positif dari wisatawan. Mekanisme penyewaannya pun sangat mudah. Wisatawan dapat memesan loker secara self service melalui Smart Locker System yang telah disediakan.

Sistem tersebut menjamin keamanan karena tidak ada yang bisa membuka loker kecuali orang yang menyewanya. Pada halaman sistem terdapat pilihan ‘simpan’ dan ‘ambil’, pengguna yang akan menyewa dapat memilih ‘simpan’.

Berikutnya, akan ditawarkan beberapa harga paket sewa loker. Mulai dari Rp. 20.000/jam, paket 2 jam Rp.40.000, paket 12 jam Rp. 90.000, hingga paket 24 jam Rp. 120.000. Dengan kapasitas loker berukuran sedang 40×60 cm sebanyak 44 loker.

Silakan baca: Pantai Indrayanti, Primadona Wisata Bahari di Yogyakarta

Usai pilih paket, kemudian akan masuk ke halaman transaksi menggunakan nontunai melalui e-wallet. Seperti e-money, tap cash, brizzi, qris, dan lain sebagainya. Caranya dengan menempelkan kartu tersebut pada tempat yang telah tersedia.

Jika transaksi berhasil, loker akan terbuka dengan sendirinya. Untuk pengembalian, pengguna pilih fitur ‘ambil’ pada Smart Locker System. Lalu loker yang disewa akan terbuka. Keterlambatan dalam pengambilan barang di loker akan dikenai denda dihitung senilai satu jam berikutnya.

Fasilitas Shower

Sementara fasilitas shower disediakan untuk wisatawan yang ingin mandi dengan tarif Rp. 40.000 per 45 menit. Sudah termasuk handuk, amenities, hairdryer, dan steam.

“Untuk amenities juga udah ada dental kit, sabun, dan sampo jadi udah lengkap tinggal mandi,” jelas Imam salah satu karyawan.

Sekarang, dengan adanya penurunan level PPKM, fasilitas tersebut buka dari Senin hingga Kamis. Dimulai sejak siang hingga malam dan pada akhir pekan buka sejak pagi hingga malam hari.

Silakan baca: Queen of The South Resort, Hotel Eksotis di Yogyakarta

Di luar itu, terdapat pula fasilitas penunjang kenyamanan dengan ruangan AC dan juga sudah terkoneksi dengan wifi. Sehingga tidak perlu khawatir dengan sinyal internet di gadget.*

 

 

Sumber & Foto: pariwisata.jogjakota