Setu Patok, Wisata Romantis dan Pesona Sunset

setu patok cirebon
Pesona Setu Patok Cirebon. (Opik Surya).*

 

BandungKlik – Bagi penyuka panorama alam, menjelajah Cirebon akan terasa hambar jika melewatkan momen matahari tenggelam di ufuk barat alias sunset. Bukan di pantai, bukan pula di gunung. Akan tetapi, menikmati pesonanya di sebuah situ atau danau.

Namanya Situ atau Setu Patok. Situ ini salah satu tempat terbaik menikmati matahari tenggelam di pinggiran Kabupaten Cirebon, tepatnya Desa Setupatok Kecamatan Mundu. Situ ini berada di sebelah timur sekira 10 kilometer dari Brebes.

Jika datang dari Kota Cirebon, Setu Patok bisa ditempuh kurang lebih sejauh 6 kilometer ke arah Tegal. Untuk memudahkan perjalanan, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi mengingat belum adanya angkutan umum yang lewat situ tersebut.

Silakan baca: Empal Gentong Khas Cirebon, Ini Nilai Filosofisnya

Silakan baca: Bersuka Ria di Wahana Rekreasi Air Cirebon Waterland

Penorama sore menjadi paling indah dinikmati di sana. Suasana yang syahdu, romantis dan menenangkan bisa langsung terasa. Saat senja menjelang, akan nampak para pencari ikan mulai menepi dengan membawa hasil tangkapannya. Para petani pun bersiap untuk pulang seiring lembayung menampakkan rona jingga.

Pemandangan alami matahari tenggelam makin dramatis kala pantulan sinar jingganya sampai di permukaan air yang tenang. Pengunjung bisa menghabiskan waktu dan menikmati suasana dengan mengabadikan momen tersebut. Bisa sembari duduk-duduk di atas perahu.

Berada di sana, ada keindahan lain yang tak bisa disembunyikan. Ada bukit-bukit yang hijau dan Gunung Ciremai yang menjulang dan elok dipandang. Di tengah danau, ada sebuah pulau mungil yang acap disebut Situ Gunung.

Sehari-hari, layaknya bendungan, Situ Patok dengan luas mencapai 175 hektare digunakan untuk menampung air dan dialirkan kala musim kemarau tiba. Tak hanya mengandalkan panorama danau, di Situ Patok juga terdapat wahana bermain, berkemah, memancing, kolam renang hingga perahu. *

Silakan baca: Mengenal Sejarah Cirebon dari Keraton Kasepuhan

Silakan baca: Sitiwinangun, Desa Wisata Penghasil Gerabah