Seruput Kenikmatan Tiga Minuman Khas Sumatera Barat

minuman khas Sumatera Barat
Aia Kawa atau Kopi Kawa (Foto Saribundo.biz)

 

BandungKlik – Selain dikenal dengan masakan rendang dan hidangan bercita rasa pedas, Sumatera Barat juga memiliki tiga minuman khas yang patut dicoba keunikan dan kenikmatannya. Tiga minuman khas Sumatera Barat ini, dibuat dengan bahan alami dan sederhana.

Bukan hanya berbahan sederhana, tapi pembuatannya pun masih dilakukan secara tradisional dan turun-menurun. Bahkan menurut masyarakat setempat, ketiga minuman khas ini berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Berikut tiga minuman khas Sumatera Barat yang patut dicoba kenikmatannya dan rasakan khasiatnya.

Teh Talua

Teh talua sebagai minuman khas Sumatera Barat, memang belum jelas sejarah awal kemunculannya. Namun yang pasti, keberadaan teh talua masih tetap terjaga hingga kini dan dianggap sangat berkhasiat. Dipercaya oleh kebanyakan pria di sana sebagai minuman untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

Secara visual teh talua tampil sederhana, hanya berupa teh tubruk biasa. Istimewanya, teh ini dicampur dengan satu butir telur ayam kampung, lalu dikocok hingga berbusa. Teh talua biasa dipadukan dengan irisan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari telur.

Silakan baca: Jadwal Event Wisata dalam Pariaman Festival 2021

Minuman teh tersebut mempunyai rasa mirip dengan teh tarik khas Malaysia. Tapi rasa teh talua lebih segar lantaran dicampur dengan perasan jeruk nipis.

Aia Kawa

Minuman kedua, ada Aia Kawa atau lebih populer disebut kopi kawa atau kawa daun. Ada pula yang menyebutnya dengan nama “kahwa daun”. Aiwa kawa sendiri terbuat dari daun kopi yang dikeringkan. Penyajiannya persis seperti minuman teh tubruk.

Aia kawa pada awalnya dibuat bagi mereka yang memiliki lambung sensitif terhadap kopi. Daun kopi dianggap mempunyai kandungan kafein dan asam yang sangat rendah, sehingga aman bagi perut siapa pun.

Rasanya tidak terlalu tajam dibanding minuman dari biji kopi asli. Namun tetap beraroma wangi kopi. Biasa disajikan dengan menggunakan batok kelapa, agar aroma kopi tidak mudah lenyap. Lebih pas lagi dinikmati di saat pagi hari atau sore hari sebelum sang surya terbenam.

Jus pinang

Terakhir, minuman khas Sumatera Barat yakni jus pinang. Pinang sendiri biasa dikenal sebagai bahan menyirih di kalangan masyarakat pedesaan. Namun di Sumatera Barat, pinang diolah menjadi minuman jus lezat dengan campuran air dan gula.

Minuman yang terbilang cukup langka di kota-kota lain di Indonesia ini, memiliki rasa yang unik. Terasa ada perpaduan sepat, sedikit asam, dan manis. Berbeda dengan jus buah lain, jus pinang justru lebih nikmat diseruput selagi panas. Ditambah kayu manis agar aromanya semakin kuat dan khas.

Silakan baca: Kopi Tung Tau, Secangkir Kenikmatan dari Bangka

Selain menjadi minuman yang nikmat, jus pinang pun dipercaya masyarakat setempat mempunyai khasiat. Serta menjadi vitamin alami untuk menjaga stamina, terutama bagi para pria.*

Sumber: pesona.travel