BandungKlik – Wisatawan yang lagi liburan di Yogyakarta, wajib mencoba nikmatnya Kopi Butter dari Kedai Kopi Terang Bintang di Pasar Kranggan, Kota Yogyakarta. Tempatnya asyik juga buat sarapan pagi atau nongkrong sore-sore sampai malam hari.

Kedai Kopi Terang Bintang tersebut berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro No. 22, Kota Jogja, tepatnya berada di Lantai 2 Pasar Kranggan. Walau pun pasar ini terkenal dengan makanan tradisionalnya, tetapi menikmati kuliner modern dengan suasana nyaman pun tidak kalah menariknya.

Sajian kopi butter bersama cokelat butter ini menjadi menu jagoan Kedai Kopi Terang Bintang Yogyakarta. Kerennya lagi, minuman tersebut hasil kreasi sang pemilik kedai, Wisnu Nugroho. Alasan ia meracik kopi ini karena ingin membuat kopi yang berbeda dari tempat lain.

Mengutip dari laman Dispar Kota Yogyakarta, Wisnu menyampaikan butter atau mentega akan memberikan aroma yang harum di dalam minuman kopi. Sehingga tercipta minuman kopi beraroma gurih mentega. Kini kopi butter dan cokelat butter menjadi menu unggulan yang banyak penggemarnya.

Silakan baca: Watu Tapak Camp Hill, Spot Terbaik Nikmati City Light Jogja

“Kopi butter dan cokelat butter sangat viral di media sosial Tik Tok dan Instagram. Hal itulah yang membuat orang-orang penasaran, gimana sih rasanya kopi dan cokelat yang dipadukan dengan butter,” tuturnya.

Menu di Kedai Terang Bintang Jogja

Kedai Terang Bintang Jogja tersebut dibangun dengan suasana dan tema kedai klasik, agar berbeda dengan kedai-kedai lainnya. Wisnu yang memiliki keterampilan memasak, akhirnya memutuskan membuka kedai dengan menu yang lebih beragam tidak hanya sekadar kopi.

Menu favorit selain kopi butter, ada juga Roti Sri Rich, Udon Xilau, dan Rice Bowl Ayam. Roti Sri Rich harganya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 13.000 per porsi. Dan menjadi favorit karena selai srikaya yang segar. Nama Sri Rich sendiri berasal dari srikaya yang dibahasa-inggriskan.

Tersedia juga menu favorit lainnya yang wajib wisatawan coba, yaitu Udon Xilau. Meski termasuk makanan khas Jepang, namun Wisnu mencampur unsur lokal ke dalamnya. Dengan memasukkan daging ayam sebagai pugas yang dimasak bumbu ala mi ayam dan sambal matah.

Satu porsi menu Udon Xilau dibanderol seharga Rp 25.000 per mangkok. Sementara kopi butter dan coklat dengan butter harganya Rp 12.000 saja. Rasa yang unik serta harga terjangkau juga menjadi nilai tambah Kedai Terang Bintang Jogja tersebut.

Silakan baca: Shower & Locker Jogja, Bantu Wisatawan Melepas Penat

Tempat ngopi di Kota Jogja yang satu ini buka setiap hari dan tidak pernah sepi pengunjung. Bukanya mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.*