Sertifikasi CHSE Gratis Bagi Pelaku Parekraf, Ini Caranya

sertifikat chse
Tangkapan layar tampilan laman pendaftaran Sertifikasi CHSE Kemenparekraf. (Irwan Akhmad/Bandung Klik). *

 

BandungKlik – Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) gratis bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Caranya mudah dan tidak dipungut biaya sama sekali.

Program Kemenparekraf ini merupakan proses pemberian sertifikat kepada usaha, destinasi, dan produk pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebut saja antara lain hotel, rumah makan, daya tarik wisata, pondok wisata, arung jeram, desa wisata, dan golf.

Tujuan sertifikasi ini untuk memberikan jaminan kepada pegunjung terhadap pelaksanaan CHSE atau K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Keberlanjutan Lingkungan).

Dengan adanya sertifikasi CHSE tersebut diharapkan minat dan kepercayaan masyarakat serta wisatawan atau pengunjung kembali meningkat. Lalu, bagaimana agar bisa memperoleh sertifikat CHSE ini? Seperti disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno di @sandiuno, Selasa (19/1/2021), ini caranya:

Mendaftar di laman Kemenparekraf

Langkah pertama, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) melakukan pendaftaran di laman resmi chse.kemenparekraf.go.id dan mengisi formulir identitas usaha.

Penilaian mandiri

Setelah memiliki akun, pelaku usaha melakukan penilaian mandiri dan mengunduh format surat pernyataan deklarasi mandiri. Hal ini sebagai pernyataan bahwa penilaian mandiri dilakukan sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Audit oleh lembaga sertifikasi

Langkah selanjutnya, setelah penilaian dan deklarasi mandiri dilakukan, adalah proses audit. Penilaian atau audit ini dilakukan oleh lembaga sertifikasi yang memiliki kompetensi khususnya di bidang sistem manajemen lingkungan serta kesehatan dan keselamatan kerja.

Memperoleh sertifikasi I Do Care

Pemilik atau pengelola usaha dan destinasi pariwisata yang lolos audit akan mendapatkan Sertifikat CHSE dari lembaga sertifikasi. Sertifikat tersebut akan diberi label I Do Care oleh Kemenparekraf. *

Silakan baca:

Puluhan Hotel di Kota Bandung Menerima Sertifikat CHSE