Sering Keliru, Ini Bedanya Intan, Berlian dan Permata

berlian
Berlian. (dok. indianexpress).*

 

BandungKlik – Orang kebanyakan sering kali menyebut intan, berlian, dan permata tanpa tahu bedanya.  Padahal, ketiga batu alam tersebut tidaklah sama baik dari bentuk maupun harganya.

Oleh karena itu, mengetahui perbedaannya menjadi penting terutama bagi Anda yang hobi dan hendak berinvestasi dalam perhiasan. Lantas, apa sebenarnya yang membedakan intan, berlian, dan permata? Yuk, simak penjelasan singkat berikut:

Intan

Pada dasarnya intan (diamond) merupakan berlian mentah alias belum mengalami proses pengolahan. Di antara deretan permata, intan yang paling keras dan padat. Seturut geology.com, intan didefinisikan sebagai mineral langka yang terbentuk secara alami yang terdiri dari karbon.

Batuan ini terjadi karena adanya proses kimiawi di perut bumi selama ribuan bahkan jutaan tahun. Proses penambangannya pun terbilang rumit. Oleh karena itulah, intan sangat spesial karena teksturnya yang unik dan membiaskan cahaya seperti prisma. Tak heran, pesonanya itu membuat banyak orang minat meskipun harganya sangat mahal.

Silakan baca:

Bukan Rolex, Ini 4 Produsen Arloji Mewah Tertua di Dunia

Berlian

Secara umum, dapat dikatakan berlian adalah hasil akhir dari proses pengolahan dan pemolesan bebatuan intan. Batu ini tidak berwarna alias bening dan dapat memantulkan spektrum cahaya. Tak bisa dipungkiri, kecantikan berlian memang sungguh memukau. Dispersi cahaya sedikit bahkan di tempat gelap sekali pun mampu membuat batu berlian berkilau.

permata
Perhiasan batu mulia/ permata. (dok. comminsandco.ie).*

Permata

Batu permata (gem) didefinisikan sebagai kristal mineral dalam bentuk potongan dan polesan yang digunakan untuk perhiasan atau hiasan lainnya. Ada orang yang menyebutnya batu mulia. Akan tetapi, tidak semua ragam permata disebut batu mulia. Hanya ragam permata yang memenuhi skala tertentu yang disebut batu mulia.

Permata yang punya nilai tinggi pada skala Mohs—tingkat kekerasan relatif mineral, barulah bisa disebut batu mulia. Bebatuan ini tergolong keras, berkilauan dan harganya mahal.

Pada skala ini berlian menduduki peringkat pertama dengan nilai 10. Selanjutnya safir yang biru, zamrud yang hijau, dan rubi yang merah. *