BandungKlik – Jika ingin merasakan wisata dengan sensasi yang berbeda, cobalah datang ke Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Di sana ada Goa Londa yang bisa memberikan sensasi berbeda kala memasukinya.

Goa Londa Toraja Utara ini menawarkan destinasi wisata makam kuno. Di dalamnya wisatawan dapat melihat langsung peti-peti yang berisikan jenazah dan juga tulang belulang dari para pendahulu yang dimakamkan di sana.

Peti jenazah tersebut tidak dikuburkan, tapi hanya diletakkan begitu saja. Sehingga banyak tengkorak yang berserakan dan peti mati berumur ratusan tahun.

Meski begitu, tidak tampak aura horor dan tidak berbau mayat. Suasana di dalam gua pun tidak panas, malah sejuk dengan angin sepoi-sepoi.

Lokasinya berada di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara. Untuk masuk ke dalam Goa Londa, wisatawan harus menyewa penerangan lampu petromak dari waga sekitar.

Tidak hanya itu, perjalanan ke dalam gua juga harus didampingi guide warga setempat. Karena gua alami ini memiliki banyak lorong-lorong sempit dan juga batuan cukup licin serta terjal yang bisa membahayakan para wisatawan.

Silakan baca: Mencicipi Kelezatan Pa’Piong Makanan Khas Tana Toraja

Begitu tiba di mulut gua, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang unik berupa tau-tau (patung, dalam bahasa Toraja) dalam jumlah banyak. Tau-tau tersebut menyerupai wajah asli orang yang meninggal dan disemayamkan di sana.

Destinasi ini juga banyak menyimpan cerita unik dari jenazah yang dimakamkan. Seperti tepat di ujung gua ada sepasang jenazah yang sudah menjadi tengkorak berada di depan peti mereka.

Konon, menurut cerita dari guide, mereka adalah sepasang kekasih yang tidak direstui keluarganya, akhirnya bunuh diri berdua. Kemudian pihak keluarga memakamkan mereka secara berdampingan di dalam Goa Londa.

Klik halaman berikutnya