BandungKlik – Likupang di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Superprioritas (DSP) yang fokus dikembangkan. Destinasi wisata ini menyimpan begitu banyak panorama dan budaya yang mengagumkan.

Ditetapkannya Likupang sebagai DSP membuat destinasi wisata lain di Sulawesi Utara kembali naik namanya. Dari sekian banyak destinasi menarik di sana, berikut 10 destinasi wisata memukau di Sulawesi Utara yang bisa dikunjungi.

1. Taman Laut Bunaken

Inilah destinasi wisata unggulan di Sulawesi Utara yang menjadi Segitiga Terumbu Karang Dunia. Keindahan bawah lautnya menjadi lokasi favorit penyelam dari seluruh dunia. UNESCO menetapkan Taman Laut Bunaken sebagai Situs Warisan Dunia. Sampai saat ini, Taman Laut Bunaken menjadi rumah lebih dari 3 ribu jenis ikan, reptil, moluska, dan mamalia laut.

2. Pulau Manado Tua

Destinasi wisata di pulau ini kebanyakan pantai yang indah, seperti Pantai Apeng Datu, Apeng Gugu, Apeng Salah, dan Batu Layar. Waktu terbaik berlibur ke Pulau Manado Tua adalah ketika air laut di posisi surut terendah atau nyare. Mengapa? Pada momen ini, wisatawan dapat menikmati gugusan terumbu karang di permukaan air tanpa harus menyelam.

3. Air Terjun Kima Atas

Boleh dibilang Air Terjun Kima Atas masuk dalam destinasi wisata yang tersembunyi karena lokasinya di antara hutan hijau yang asri. Oleh karena itu, saat ini air terjun tersebut belum banyak dikunjungi  wisatawan. Namun, di luar itu, panorama air terjun setinggi delapan meter ini sangat memesona. Pengunjung dapat berenang di kolam kecil yang terbentuk dari bekas air yang jatuh.

4. Pulau Siladen

Pulau Siladen digadang-gadang sebagai “surganya” para perenang. Apa sebab? Destinasi wisata di sebelah timur Bunaken ini punya air laut yang tenang dan jernih serta panorama bawah laut yang menakjubkan. Tanpa harus menyelam dalam, biota laut dan terumbu karang sudah dapat terlihat demikian indah.

5. Pulau Mahoro

Pasir putih yang begitu bersih dan air laut sebening kaca adalah daya tarik pulau ini. Panorama di Pulau Mahoro semakin indah karena berpadu dengan bukit hijau yang membentang di sepanjang pulau. Keindahan pulau ini telah mengantarkannya sebagai lokasi shooting reality show dari Korea Selatan, “Law of The Jungle”.

6. Air Terjun Tumimperas

Gemercik nan merdu adalah salah satu daya tarik Air Terjun Tumimperas. Panorama memukau air terjun ini adalah airnya yang berwarna kebiruan dan jernih. Memiliki tinggi sekira 52 meter, air terjun ini dikelilingi pepohonan hijau sehingga menambah sejuk suasana sekitar.

7. Danau Linow

Lanskap keindahan Danau Linow. (kemenparekraf/ shutterstock/ sony herdiana).*

Apa yang menarik dari danau ini? Rupanya air danau yang bisa berubah-ubah tidak hanya Danau Kelimutu. Danau Linow juga bisa berubah warna, yakni hijau, biru, dan kuning kecokelatan. Bau belerang yang pekat bakal menyambut wisatawan ketika pertama kali menginjakkan kaki di danau ini. Bau menyengat tersebut, konon, muncul karena adanya sisa letusan Gunung  Mahawu ratusan tahun lalu.

8. Pantai Malalayang

Dari pusat Kota Manado, Pantai Malayang mudah dijangkau dan tak terlalu jauh. Apa yang menjadi daya tarik pantai ini? Ya, matahari terbenam alias sunset di pantai ini sangat indah dan terlihat demikian cantik. Dari pantai ini pula, di kejauhan, wisatawan bisa melihat Bunaken dan Pulau Manado Tua.

9. Air Terjun Tinoor

Inilah “surga” tersembunyi di utara Kota Tomohon. Di lokasi ini, ada beberapa air terjun yang bertemu satu sama lain sehingga terlihat seperti untaian benang putih yang lembut. Pesona Air Terjun Tinoor semakin indah karena berada di kaki gunung sehingga membuat suasana di sekitar sejuk dan asri.

10. Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

Tak hanya laut dan pantai, wisatawan juga dapat melihat seluruh kota di Sulawesi Utara dari ketinggian di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa. Berada di ketinggian 600 mdpl, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan Gunung Lakon, Gunung Klabat, dan Pulau Manado Tua dari lokasi taman hutan raya ini.

 

Silakan baca:

Lima Destinasi Bahari di Likupang yang Bikin Jatuh Hati

Lima Destinasi Wisata Alam Sulsel yang Mendunia