Sekelumit Sejarah Gedung Museum Kota Bandung

gedung museum kota bandung
Gedung Museum Kota Bandung awalnya digunakan sebagai Frobelschool. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Museum Kota Bandung di Jalan Aceh Nomor 47 menempati gedung lama yang dibangun pada 1920. Gedung berusia lebih dari 100 tahun itu menyimpan sejarah panjang dan pernah digunakan kelompok Freemasonry.

Sebermula, bangunan lama Museum Kota Bandung digunakan untuk Frobelschool atau sekolah taman kanak-kanak milik Loge Sint Jan. Loge Sint Jan adalah kelompok Vrijmetselarij (Freemasonry) di Bandung yang dibentuk pada 23 November 1880.

Dalam memulai kegiatannya, Loge Sint Jan membuka Frobelschool dengan meminjam bangunan Paseban di Pendopo Kabupaten Bandung pada 1898. Di pendopo, lebih dari satu dekade kelompok ini beraktivitas.

Akan tetapi, lewat penggalangan dana dari berbagai pihak, para pengurus kelompok tersebut mampu membangun gedung sendiri di seberang markas Loge Sint Jan. Gedung tersebut resmi dibuka pada 25 Agustus 1900. Selama duapuluh tahun mereka menempati gedung yang kemudian dipugar dan dibangun kembali menjadi Masjid Al Ukhuwah.

Silakan baca:

Pendopo Bandung, Lokasinya Dipilih Langsung “Dalem Kaum”

Pada 1920, Frobelschool kembali pindah dan menempati gedung baru di Atjehstraat (Jalan Aceh). Saat pendudukan Jepang, kegiatan Frobelschool dan Freemasonry dihentikan. Usaha-usaha kebangkitannya kembali pascakemerdekaan selalu berujung kegagalan. Akhirnya pada 1960-an, pemerintah Republik Indonesia secara resmi melarang aktivitas Freemasonry dan seluruh asetnya dinasionalisasi.

Gedung bekas Frobelschool diambil alih Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Lalu, digunakan sebagai Sekolah Pendidikan Olah Raga dan Gedung KONI. Pada 22 Januari 2013 gedung cantik tersebut dihibahkan kepada Pemerintah Kota Bandung dan digunakan sebagai Kantor Dinas Pemuda dan Olah Raga.

Setelah direnovasi gedung difungsikan sebagai Museum Kota Bandung dan diresmikan pada 31 Oktober 2018 oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial. Museum menyajikan visual tentang sejarah Kota Bandung mulai dari zaman Kerajaan Mataram hingga menjadi sebuah kota. Di dalamnya tersaji pula sejumlah momentum penting yang terjadi di Kota Bandung baik peristiwa maupun perkembangan pembangunan fisik. *

Silakan baca:

Museum Kota Bandung, Kenalkan Sejarah Kota Bandung