Sekelumit Cerita di Balik Cita Rasa Nasi Goreng

nasi goreng
Nasi goreng dengan telur dadar dan daging ayam goreng. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Nasi goreng adalah salah satu masakan paling favorit di Indonesia. Namun, ternyata hidangan ini tak serta-merta hadir di atas meja makan. Ada sekelumit cerita di balik cita rasanya.

Memang, kebanyakan orang menganggap nasi goreng sebagai masakan nusantara. Oleh karena itu, tak susah mencari masakan berbahan utama nasi dan telur tersebut. Selain mudah dibuat juga banyak dijual di berbagai tempat mulai dari gerobak pinggir jalan hingga restoran. Bahkan, sudah menjadi menu utama sarapan di hotel-hotel di seantero Indonesia.

Meski dianggap sebagai hidangan nasional Indonesia, menu ini juga biasa disantap di Malaysia dan Singapura. Konon, tradisi menggoreng nasi di Indonesia diyakini berasal dari budaya Tionghoa saat perdagangan kedua negara mulai berkembang.

Cita rasanya memang Indonesia banget sedari dulu. Orang-orang Eropa khususnya Belanda juga sudah akrab ketika mereka menetap di Indonesia. Bahkan, rilis lagu bertajuk tentang hidangan ini lahir di dapur rekaman seperti dipopulerkan Wieteke van Dort pada 1977.

Geef mij maar nasi goreng met een gebbaken ei. Wat sambal en wat kroepek … (Beri aku nasi goreng dengan telur dadar, dengan  sambal dan kerupuk …)

Silakan baca: Aneka Kuliner Khas dari 5 Destinasi Super Prioritas

Orang Indonesia, seperti ditulis tasteatlas, mengadopsi tradisi Tionghoa berdasarkan kepercayaan bahwa membuang makanan itu dosa. Seiring waktu, menu baru olahan nasi pun tercipta. Oleh karena dikembangkan dari kebutuhan praktis, biasanya dihidangkan untuk sarapan dan dibuat dari sisa nasi hari sebelumnya. Namun, lain cerita nasi goreng yang dijual di berbagai tempat. Biasanya menggunakan nasi baru, bukan yang kemarin.

Di rumah-rumah, nasi yang sudah dimasak biasanya digoreng dengan sedikit minyak kemudian dibumbui aneka rempah, bawang merah, bawang putih hingga cabai. Nasi goreng Indonesia sedikit berbeda karena adanya campuran kecap manis yang melimpah dan cabai. Oleh karena itu, punya rasa yang lebih dalam dan lebih pedas. *