Sejuta Pesona Pantai Tanjung Papuma

pantai tanjung papuma
Pantai Tanjung Papuma. (dok. jembertourism.com).*

 

BandungKlik – Pantai Papuma terhampar dengan sejuta pesonanya yang eksotis di pesisir selatan Jawa Timur. Secara administratif, terletak di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan sekira 35 kilometer arah selatan Kabupaten Jember.

Kata “Papuma” berasal dari akronim Pasir Putih Malikan. Sesuai namanya, Pantai Tanjung Papuma adalah sebuah penjorokan daratan ke laut dengan pantai berpasir putih. Di kawasan ini—tepatnya di Pantai Malikan juga terhampar bebatuan hijau, hitam, dan putih dengan ragam bentuk. Pesona alam ini sekaligus menjadi pembeda dengan pantai-pantai lain di sekitarnya. Di timur Papuma ada Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan yang berpasir hitam.

Pasir putih di sepanjang Pantai Papuma memungkinkan para pelancong baik domestik maupun mancanegara untuk sekadar berjemur sembari menikmati suasana. Aktivitas lainnya adalah snorkeling. Di samping panoramanya yang demikian indah, pantai ini juga kaya akan flora dan fauna.

Bagi banyak orang berwisata ke pantai adalah hal yang sangat menyenangkan. Semilir angin, lingkungan yang tenang, dan debur ombak akan selalu mengiringi setiap kegembiraan. Pantai Papuma menawarkan itu semua. Terlebih, pantai ini boleh dibilang salah satu pantai terindah di Jawa Timur.

Berada di Papuma seakan menjadi pengobat rasa penat dan jenuh oleh sebab kesibukan dan aktivitas sehari-hari. Banyak batu besar, karang dan lanskap yang menawan di pantai yang sangat memanjakan mata ini. Di sana juga tersedia sejumlah sarana penunjang yang memungkinkan wisatawan betah berlama-lama yakni penginapan dan bumi perkemahan.

Di Papuma, pagi yang eksotis sepadan dengan suasana senja. Senja temaram diringi debur ombak dan desir laut yang bergemuruh menghadirkan suasana dramatis dan menakjubkan yang sayang dibiarkan begitu saja.

Bagi Anda yang ingin bermalam di Tanjung Papuma ada sejumlah vila yang disewakan pengelola wisata. Tarif sewa penginapan bervariasi tergantung fasilitas yang tersedia seperti kamar ber-AC, single bed, kamar mandi dalam, TV dan beranda kecil. *

Silakan baca:

Pantai Wediombo DIY, Pasir Luas dan Kolam Alami Unik