Segarnya Rujak Es Krim, Perpaduan Pedas, Asam, Manis

rujak es krim
Rujak Es Krim Pakualaman. (dok. visitingjogja)

 

BandungKlik – Setelah kenyang dengan menyantap gudeg di Yogyakarta, saatnya segarkan mulut dengan kudapan yang menyegarkan. Di Yogyakarta ada satu kudapan yang menyegarkan, dikenal dengan rujak es krim.

Rujak es krim merupakan hasil kreasi orang Jogja yang terkenal memiliki kreativitas yang tinggi, baik soal kesenian, kerajinan tangan, termasuk kulinernya. Rujak ini pada dasarnya hanya memberi topping es krim di atasnya. Es krimnya berupa es puter berbahan dasar santan.

Campuran tersebut menghasilkan perpaduan rasa pedas, asam, manis. Kemudian menyusul tekstur es krim yang lembut, dingin, dan segar. Rasa kesegaran rujak tersebut sungguh membuat ketagihan siapa pun yang menyantapnya.

Kudapan yang satu ini mudah ditemui di mana saja di sekitar Jogja karena banyak yang menjualnya. Namun penjual yang paling terkenal, yakni rujak es krim Pakualaman yang biasa berjualan di area Pakualaman.

Di Pakualaman terdapat beberapa penjual kudapan menyegarkan tersebut. Salah satunya yang terletak di sebelah barat tembok luar Pura Pakualaman dengan tenda biru. Rujak di situ dibanderol hanya 10 ribu rupiah.

Silakan baca: Tebing Breksi Yogyakarta, Destinasi Unik Bekas Galian Batu

Satu porsi rujak disajikan dalam mangkuk kecil, bila kurang pedas tinggal ditambahkan bumbu cabai pedas dalam wadah terpisah yang sudah disediakan. Es krimnya bertekstur sangat lembut, manisnya pas, dan berpadu dengan bumbu serta serutan buah di rujaknya.

Penjual rujak di Pakualaman tersebut, mulai berjualan sejak pukul 09.00 WIB pagi sampai sehabisnya. Cocok sekali bila dinikmati ketika siang hari atau saat udara kering dan panas dan selepas makan siang.*

 

 

 

Sumber: visitingjogja