Segarkan Buka Puasa dengan Toge Panyabungan

toge panyabungan
Toge panyabungan. (dok. indonesia.go.id)

 

BandungKlik – Mendengar “toge” pasti terlintas di pikiran kita adalah sayuran yang biasa dimasak, terutama bagi masyarakat Sunda. Tapi uniknya di Mandailing Natal, Sumatera Utara, kata “toge” menjadi bagian nama dari minuman menyegarkan. Dikenal dengan Toge Panyabungan.

Toge Panyabungan sendiri merupakan minuman manis menyegarkan yang sama sekali tak dilengkapi bahan sayuran taoge. Minuman ini sudah menjadi sajian tradisi saat berbuka puasa dan mudah ditemukan saat Ramadan.

Dilansir laman indonesia.go.id, sejumlah pedagang toge panyabungan biasanya banyak ditemui di sekitaran Masjid Raya Panyabungan, tepatnya di Pasar Lama, Jalan Keliling.

Umumnya, masyarakat Mandailing Natal menikmati minuman khas ini dalam keadaan hangat. Namun berbeda di Medan yang lebih menyukai sajian toge panyabungan dalam kondisi dingin yang ditambah es.

Sejarah awal lahirnya nama toge panyabungan hingga kini memang masih menjadi misteri, belum diketahui secara pasti. Minuman ini menjadi populer karena namanya yang terdengar membingungkan hingga membuat penasaran untuk mencoba.

Secara tampilan, minuman tersebut sepintas mirip es campur atau es cendol. Hal yang membedakannya, adanya ragam jenis campuran makanan dalam toge panyabungan. Tak hanya santan, gula aren cair, dan cendol, tapi ditambah ketan merah, ketan biasa, tape, candil, dan lupis yang menambah kelezatannya.

Silakan baca: 5 Varian Kopi Khas Sumatera Utara, Wajib Dicoba!

Proses pembuatannya terbilang cukup lama, dari pagi bahan berupa pulut, ketan hitam disiapkan untuk dikukus menjadi lupis. Tak ketinggalan adonan untuk dibulati menjadi bubur candil, serta adonan tepung beras yang diberi ekstraksi daun pandan untuk dijadikan cendol.

Mayoritas pedagang minuman ini pun masih mempertahankan pengolahanan secara tradisional di tungku kayu bakar. Paduan pulut putih, ketan hitam, bulatan candil, dan cendol dimasak dan dibubuhi kuah santan serta gula aren.

Minuman tersebut bisa dinikmati dengan menambahkan es bagi penyuka minuman dingin saat berbuka. Namun tanpa es pun tak kalah nikmat untuk dijadikan menu santap berbuka.*