BandungKlik – Bandung kembali masuk dalam jajaran kategori kota dengan makanan tradisional terbaik di dunia versi TasteAtlas Awards 2021.

Taste Atlas adalah situs asal Kroasia yang fokus mengulas tentang beragam makanan tradisional, resep lokal, dan restoran autentik di seluruh dunia.

Dari daftar kota yang dirilis, Bandung menempati peringkat 11 dunia dengan 4,39 poin.  Mexico City menempati peringkat pertama dengan poin bintang 4.52 dan Bangkok kedua dengan poin bintang 4.50.

Di Asia, Bandung berada di peringkat lima setelah Bangkok, Hong Kong, New Delhi, dan Seoul.

Tahun 2021, pada ajang TasteAtlas Awards 2020, ibu kota Provinsi Jawa Barat ini pun masuk kota terbaik untuk kategori yang sama. Saat itu, Bandung menempati peringkat tujuh dunia.

Melalui laman resminya, ada sekira 16 makanan dan dua minuman lokal Bandung yang masuk rekomendasi TasteAtlas Awards 2021. Adapun hidangan kuliner khas kota ini yang termasuk favorit adalah batagor, mi kocok, kupat tahu, dan soto Bandung.

Batagor

Batagor. (ABI).*

Salah satu jajanan paling terkenal di Indonesia adalah batagor, pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus bumbu kacang tradisional. Ikan yang paling umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah tenggiri.

Batagor merupakan camilan yang sempurna karena rasa dan cara penyajiannya. Saat digoreng, pangsit dipotong kecil-kecil dan dilumuri saus kacang, kecap, dan sambal dengan perasan air jeruk nipis. Dulu, batagor biasa dijual oleh pedagang kaki lima, tetapi kini banyak dijumpai di restoran berkelas. Taste Atlas mengapresiasi batagor dengan poin bintang 4.5.

Mi kocok

mi kocok bandung
Mi kocok dengan kikil sapi yang empuk. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

Berasal dari Bandung, mi kocok dikenal sebagai sup aromatik yang menggabungkan beragam bahan makanan sedap dan bumbu rempah. Dalam satu porsinya biasanya terdiri dari irisan kikil sapi, mi kuning pipih dan pelengkap lainnya, seperti tauge dan irisan daung bawang.

Semua bahan disajikan dalam kuah kaldu sapi bening dan adakalanya ditambahkan bakso. Bagi penikmat kuah pedas-masam, merica, sambal dan perasan jeruk limau adalah bahan-bahan yang wajib ada. Biasanya mi kocok disajikan bersama es jeruk atau lemon.

Kupat tahu

Kupat tahu. (tasteatlas).*

Kupat tahu dikenal sebagai hidangan tradisional Indonesia yang terdiri dari ketupat dan tahu dengan bumbu kacang. Bahan-bahannya biasanya terdiri dari potongan ketupat, tahu, tauge, dan bumbu. Dalam satu porsi, hidangan terdiri dari tahu yang digoreng kuning keemasan, tauge yang direbus, dan disiram saus kacang yang terdiri dari beragam bumbu.

Semua bahan yang disajikan lalu ditaburi kecap manis. Jika diinginkan, cita rasa kupat tahu juga bisa diperkaya dengan perasan jeruk nipis dan kerupuk. Biasanya, makanan ini secara tradisional disajikan untuk sarapan.

Soto Bandung

Soto Bandung. (tasteatlas).*

Ini merupakan sejenis soto yang berasal dari Bandung. Hidangan berkuah ini dibuat dari kombinasi potongan daging sapi, sejumlah sayuran, aneka bumbu dan rempah. Bawang putih, daun bawang, daun salam, serai, gula, garam, jahe, dan lada putih ada di dalamnya.

Bahan-bahan tersebut dimasak dalam air sampai daging sapi empuk. Kuah lalu diberi bumbu dan disajikan bersama kacang kedelai dan irisan lobak serta perasan jeruk purut. Salah satu yang membedakan dengan soto daerah lainnya bahwa soto Bandung berkuah bening.

Nah, itulah empat hidangan tradisional Bandung yang menjadi favorit di Taste Atlas. Adakah makanan favorit Anda? *

 

Silakan baca:

Bandung Masuk Deretan Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik di Asia 2021