Sebelas Pulau Indah di Indonesia dengan Nama Satwa

pulau nama satwa di indonesia
Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon Provinsi Banten. (dispar.bantenprov.go.id).*

 

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang luas, bahkan terbesar di dunia. Dari ribuan pulau di Nusantara, sebelas di antaranya diambil dari nama satwa.

 

BandungKlik – Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau, mulai dari pulau kecil hingga besar. Ada pulau yang berpenghuni, ada juga pulau yang hanya menjadi habitat satwa tertentu dan menjadi destinasi wisata yang unik.

Tentu saja, penamaan pulau dengan nama satwa punya cerita tersendiri, seperti BandungKlik rangkum berikut ini:

1. Pulau Tikus

Pulau Tikus adalah salah satu destinasi wisata bahari yang populer di Provinsi Bengkulu dan banyak dikunjungi pelancong. Dari ibu kota Bengkulu berjarak sekira 10 kilometer. Pulau ini terbilang kecil dan hanya memiliki luas kurang dari 1,5 hektare dengan dikelilingi terumbu karang yang luas dan indah. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sana, seperti bermain dan berenang di tepi pantai, memancing hingga snorkeling.

2. Pulau Burung

Pulau Burung di kawasan Pantai Tanjung Kelayang Provinsi Bangka Belitung terhampar sekira 2 hektare, dikelilingi pasir putih dan bebatuan granit. Masyarakat setempat kerap menyebutnya Pulau Burong. Pulau ini termasuk daftar destinasi wisata populer karena panoramanya yang indah, unik, dan istimewa.

Namun, pulau dengan nama burung ternyata dapat ditemukan di daerah lain, seperti Pulau Burung di Provinsi Riau dan Provinsi Banten. Dikutip dari laman ppk-kp3k.kkp.go.id, ada juga Pulau Burung di Provinsi Sulawesi Utara.

3. Pulau Peucang

Di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Provinsi Banten, Pulau Peucang terbilang paling populer dikunjungi wisatawan. Dengan luas sekira 450 hektare, pulau tersebut menyajikan panorama dan keragaman hayati yang dapat dijelajah lewat wildlife viewing. Pantai di pulau ini punya karakteristik yang khas, yaitu pasir putih dan hamparan yang luas. Dalam bahasa Indonesia, peucang merupakan sejenis kancil.

Dermaga Pulau Peucang. (ujungkulon.org).*

Silakan baca: Pesona Tanjung Lesung yang Anggun di Barat Jawa

Klik halaman berikutnya: