BandungKlik – Kabupaten Lebak, Banten segera diramaikan kembali event tahunan yang cukup ikonik, Seba Baduy 2022. Tahun ini, kegiatan tersebut akan berlangsung secara hybrid dan akan menyajikan ritual adat hingga camping ground.

Upacara adat setahun sekali ini diselenggarakan sebagai wujud syukur atas limpahan hasil pertanian di ladang. Sebuah tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun dan sekarang menjadi salah satu event budaya yang dikemas secara lebih inovatif dan kreatif sehingga lebih meriah. Namun tetap menjaga kesakralan dan orisinalitas dari upacara adat ini.

Seba Baduy 2022 akan diselenggarak setelah Hari Raya Idulfitri. Tepatnya pada tanggal 11-15 Mei 2022. Dengan venue utama Alun-Alun Rangkasbitung, Banten. Di event Seba kali ini akan tersaji perpaduan apik antara nuansa tradisional dan kegiatan kreatif nan kekinian.

Rangkaian Acara Seba Baduy 2022

Sejumlah rangkaian acara pun telah dipersiapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Banten. Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Silakan baca: Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022

Nuansa tradisional pun akan terasa makin kental, dengan hadirnya Festival Permainan Tradisional dan Adu Ranji. Selama tiga hari berturut-turut (H-2 sampai hari Seba Baduy) akan ada Pagelaran Musik dan Diskusi Budaya. Digelar juga Pameran Fotografi, Seni, dan Desain oleh Komunitas Kabupaten Lebak di halaman Museum Multatuli.

Di samping menggandeng komunitas dan seniman lokal, Seba Baduy 2022 juga melibatkan para pelaku ekonomi kreatif dengan mengadakan Pameran Ekraf dan Ngopbar (Ngopi Bareng) on Seba. Rencananya, 20 stand UMKM akan dibuka untuk menjual aneka produk kriya, kuliner, kopi, hingga desain.

Lebih seru lagi karena ada kegiatan Camping Ground Baduy. Acara camping ini akan diadakan di Baduy Luar pada H-1 acara inti Seba Baduy dan dilanjutkan pada hari-H. Menariknya lagi, peserta bakal diajak mengikuti perjalanan seba bersama masyarakat Baduy.

Event juga akan dimeriahkan berbagai perlombaan, ada Lomba Menulis “Baduy Kamu Milenial” yang akan dilaksanakan pada H-1 acara inti Baduy Seba. Lalu Lomba Desain & Fashion Show Baduy di panggung utama, serta Lomba Foto & Video Promosi Baduy yang digelar secara online.

Silakan baca: Liburan ke Pulau Tunda Jangan Pernah Ditunda-Tunda!

Penyelenggaraan Seba Baduy 2022 akan dilaksanakan dengan konsep hybrid, sehingga khalayak umum bisa menyaksikan secara virtual dari mana pun. Saksikan keseruan event Banten tersebut secara langsung melalui kanal YouTube Lebak Unique Chanel.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel