“Scan Jabar Scan Cianjur”, Promosi Digital Pariwisata Lokal

Launching scan jabar scan cianjur
Launching Scan Jabar Scan Cianjur di Naringgul, Cianjur, Minggu (21/02/21). (dok. Pemprov Jabar)

 

BandungKlik – Pemprov Jawa Barat melalui Disparbud Jabar bersama dengan Pemkab Cianjur meluncurkan barcode sebagai petunjuk destinasi wisata daerah, khususnya yang ada di Kabupaten Cianjur. Program barcode tersebut, dinamai “Scan Jabar Scan Cianjur”.

Peluncurannya dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Rest Area Naringgul, Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Minggu (21/2/21). Disaksikan langsung Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Atalia Praratya, Plh Bupati Bandung Tisna Umaran, dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, serta Kadisparbud Jabar Dedi Taufik.

Ridwan Kamil dalam kesempatan itu menuturkan, pariwisata lokal merupakan salah satu potensi ekonomi baru Jabar pasca pandemi Covid-19. Untuk itu, dirinya mengapresiasi inovasi Kabupaten Cianjur lewat QR Code Scan Jabar Scan Cianjur dalam mempromosikan pariwisata lokal di Cianjur.

“Saya ikut senang. Arahan saya, promosikan semua potensi pariwisata di Cianjur. Apalagi di sini banyak curug. Promosi pariwisata dengan QR Code akan  mempermudah wisatawan atau pelancong untuk mencari detail destinasi wisata di suatu kawasan,” tuturnya dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Barcode Scan Jabar Scan Cianjur itu menempel pada Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) yang terpasang di sejumlah ruas jalan, seperti yang berada di Jalan Rancabali-Cianjur, Desa Cibuni tepatnya di Warung Kabut, terdapat RPPJ penunjuk arah Naringgul dan Cikadu.

Barcode scan cianjur
Barcode Scan Jabar Scan Cianjur di plang RPPJ Jalan Rancabali-Cianjur. (@disparbudjabar)

Teknisnya, masyarakat atau wisatawan yang melalui jalur tersebut, barcode yang berada di RPPJ kemudian dipindai dengan ponsel. Maka akan masuk ke situs Sihaci (Sistem Informasi Hayu Ameng Ka Cianjur.

Di situ akan muncul sejumlah destinasi wisata yang dilengkapi foto dan keterangan. Seperti destinasi Curug Ceret, Curug Cangkuang, dan Curug Cisabuk beserta keterangan keunggulan tempat wisata tersebut.

Silakan baca: Waduk Darma, Danau Buatan yang Memesona

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, dengan adanya Scan Jabar dan Scan Cianjur akan memberikan kemudahkan masyarakat dalam mencari destinasi wisata, khususnya yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Insyaallah, dalam minggu ini akan diteruskan di kawasan puncak, wilayah Cianjur Tengah, Cianjur Selatan,” ungkap Herman.

Sementara itu Kadisparbud Jabar Dedi Taufik menambahkan, selain destinasi wisata, ke depan dalam Scan Jabar kontennya akan ditambah. Seperti ada rest area, puskesmas, polsek, hingga pom bensin yang tentunya dibutuhkan masyarakat yang sedang dalam perjalanan.

Ia pun berharap, setelah Scan Jabar Scan Cianjur yang merupakan pilot project, program ini bisa diaplikasikan di seluruh Jawa Barat. Sehingga dapat memberikan informasi dengan cepat kepada masyarakat.

“Nanti kita inginkan se-Jawa Barat, kalau bisa seluruhnya ada di jalan-jalan supaya orang akan lebih cepat mengetahui. Ini salah satu percontohan Cianjur dengan Jabar, nanti kita bikin secara masif bisa antar kabupaten kota bikin MoU. Ke depan daerah mana yang diminati karena kita memilki 109 destinasi wisata yang diminati, nanti kita turunkan dari situ,” paparnya.*