Sate Jando, Jajanan Sedap di Tepi Jalan Merdeka Bandung

sate jando bandung
Sate jando. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

 

BadungKlik – Sate jando, sebagian orang menyukai makanan ini karena gurih dan kelezatannya. Apalagi disantap selagi hangat, bikin cita rasa lebih nikmat.

Di Kota Bandung, penjual sate jando salah satunya bisa disambangi di bilangan Jalan Merdeka. Namun, para penjual di sana hanya berdagang pada Sabtu dan Ahad pagi hingga menjelang siang. Mengapa?

Ya, di Jalan Merdeka sebenarnya tidak boleh ada aktivitas berjualan ala kaki lima. Para penjual sate memanfaatkan halaman-halaman kantor yang libur di akhir pekan di seputar jalan tersebut. Satu tempat lagi, biasanya ada beberapa penjual yang berjualan di Taman Anak Sungai Cikapayang di Jalan Merdeka bawah belokan Balai Kota Bandung.

Tumini, salah seorang penjual mengatakan, para pesepeda dan warga kota yang jalan-jalan pagi adalah pembeli utamanya. Mereka kerap beristirahat atau berkumpul di beberapa titik di Jalan Merdeka pada Sabtu dan Ahad pagi. Oleh karena itu, penjual sate gurih ini tidak mangkal permanen alias sesekali saja memanfaatkan ramainya pengunjung.

Lantas, apa itu sate jando yang sedap?

Sate jando terbuat dari daging payudara sapi. Bagian lemak susu dari sapi atau gajih membedakan sate ini dengan sate lainnya. Lemak inilah yang bikin hidangan dengan bumbu kacang tersebut menjadi lebih gurih.

Sate ini dibakar dadakan sesuai pesanan. Penyajiannya menggunakan alas daun pisang atau kertas nasi dan disiram bumbu kacang yang kental. Setiap pedagang di sana juga menyediakan sate ayam dan sate jando campur. Harga satu porsinya sama, yaitu Rp30.000 isi sepuluh tusuk plus potongan lontong.

Tak dimungkiri, kelezatan sate jando menjadi pilihan favorit warga kota sembari menikmati suasana akhir pekan. Anak-anak, kawula muda dan orang tua banyak yang menyukainya. Aroma bakaran sate memang khas sehingga menggugah selera untuk mencicipinya. Mmhh … lekker. *

Silakan baca: 

Sate Laler, Kuliner Malam di Rembang yang Wajib Dicoba

Rasakan Kelezatan Sate Blengong Khas Brebes

Satai Bulayak Khas Sasak, Cita Rasa Gurih dan Pedas