BandungKlikTamasya sembari menyapa dan mengenal beragam satwa boleh jadi opsi menarik mengisi waktu libur, seperti di Batu Secret Zoo.

Menjadi bagian dari wahana wisata Jatim Park 2, Kota Batu, Jawa Timur, Batu Secret Zoo didesain sebagai kebun binatang modern.  Ini sekaligus menjadi tempat tamasya edukasi bagi anak-anak dan liburan keluarga.

Di dieren tuin ini begitu banyak koleksi satwa yang dipamerkan mulai dari satwa langka, liar, buas hingga satwa yang tergolong bersahabat. Mereka akan menyapa pengunjung di masing-masing “habitatnya”, tentu dengan karakter mereka yang khas.

Sebagian besar wahana di Batu Secret Zoo berada di alam terbuka. Begitu berjalan melewati pintu masuk, sejumlah tikus Nutria menyambut. Tikus asal Amerika Selatan bernama latin Myocastor cypus tersebut memiliki tubuh raksasa, tidak seperti tikus yang biasa kita lihat sehari-hari. Nutria punya ukuran tubuh 20 kali lebih besar dari tikus biasa yang rata-rata hanya berbobot 0,5 kilogram.

Tak jauh dari rumah tikus, suara dan teriakan khas jenis primata akan menyapa kedatangan para pengunjung. Beragam primata itu berada dalam kandang besi terpisah yang didesain aman dan tak membahayakan. Sesekali terlihat perilaku lucu Cottontop Tamarin, Squirrel Monkey hingga Lion-Tailed Macaque yang kerap mengundang tawa.

Salah satu primata koleksi Batu Secret Zoo. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

Informasi status satwa

Berada di kebun binatang ini, pengunjung secara langsung akan beroleh informasi yang berkaitan dengan identitas satwa yang dipamerkan. Nama satwa, penyebaran, habitat asal hingga karakteristiknya dapat disimak di sekitar kandang masing-masing. Dengan begitu, segala rahasia satwa akan menjadi pengetahuan yang luar biasa untuk dibawa pulang.

Informasi yang juga penting adalah perihal status konservasi. Pengunjung akan tahu apakah satwa yang disapanya itu berstatus tidak terancam, berisiko rendah, rentan, terancam punah atau punah di alam. Lion-Tailed Macaque asal India, misalnya. Status konservasinya terancam punah.

Zona unik

Di Batu Secret Zoo, antara wahana yang satu ke wahana lainnya dihubungkan dengan koridor. Para pengunjung dapat menentukan sendiri ke arah mana lagi akan menyapa sahabat satwa. Syaratnya, tentu saja harus mengikuti petunjuk yang terpampang di ujung koridor.

Masing-masing zona atau area memiliki keunikan dan interior menarik. Sebut saja Reptile Garden, Aquarium Room dengan segala biota lautnya yang memanjakan mata, aneka unggas yang warna-warni, satwa mamalia, Savannah hingga Tiger Land.

Hewan-hewan buas semacam puma, hyena, black panther, dan jaguar juga dapat dilihat dan disapa dari dekat. Semuanya didatangkan dari luar negeri. Kawanan satwa yang terkenal punya kemampuan berlari cepat itu dipamerkan di dalam kandang besi kokoh berlapis kaca.

Di salah satu zona, meski dari kejauhan pengunjung dapat menyapa capybara, hewan pengerat asal Amerika Selatan. Capybara adalah jenis hewan pengerat terbesar yang masih ada di dunia.

Koleksi satwa

Saat ini Batu Secret Zoo memiliki satwa terbesar di Asia Tenggara. Lebih dari 120 mamalia yang dipamerkan di kebun binatang ini. Tak hanya itu, lebih dari 70 reptil dan lebih dari 100 ikan dan amfibi juga hadir di sana. Beragam jenis burung juga tak ketinggalan hadir menampakkan bulunya yang indah warna-warni dan kicauannya nan merdu.

Flamingo. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

E-bike

Area Batu Secret Zoo memang cukup luas. Apalagi jika seluruh wahana disambangi dengan berjalan kaki. Butuh waktu berjam-jam, bahkan boleh jadi seharian untuk dapat menikmati setiap sudut wahana.

Akan tetapi, bertualang di dalam kawasan penuh satwa ini seperti tak pernah bosan. Untuk menghemat tenaga, pengunjung dapat menggunakan fasilitas sewa e-bike, semacam sepeda roda empat mini yang digerakkan tenaga listrik. E-bike akan melintas pada jalur yang telah ditentukan.

Untuk bisa menggunakan fasilitas transportasi ramah lingkungan tersebut, pengunjung harus merogoh kocek Rp150.000 per 3 jam.

Harga tiket masuk

Jatim Park 2 (termasuk Batu Secret Zoo)

  • Hari biasa: Rp110.000
  • Akhir pekan: Rp130.000

Jatim Park 2 + Eco Green Park

  • Hari biasa: Rp140.000
  • Akhir pekan: Rp160.000

Eco Green Park

  • Hari biasa: Rp55.000
  • Akhir pekan: Rp75.000

Jam operasional

  • Buka pukul 09.30 WIB
  • Tutup pukul 17.30 WIB

(setiap hari)

Aksesibilitas

Batu Secret Zoo Jatim Park 2 dapat ditempuh melalui beberapa rute dengan kendaraan pribadi atau taksi.

  • 2 jam dari Surabaya
  • 45 menit dari Stasiun Kota Malang
  • 45 menit dari Terminal Bus Arjosari Malang
  • 1 jam dari Bandara Abdulrachman Saleh
  • 10 menit dari Alun-alun Kota Batu

*

Silakan baca:

Empat Objek Wisata Seru Ancol Dekat Sirkuit Formula E

Kota Wisata Batu Cocok untuk Destinasi Bulan Madu