Sandiaga Uno Resmi Dilantik Menjadi Menparekraf

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno saat dilantik menjadi Menparekraf oleh Presiden Jokowi. (Agus Suparto/IG @sandiuno)

 

Bandungklik – Sandiaga Salahuddin Uno resmi dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menprekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ia terpilih dari enam menteri yang masuk dalam daftar cabinet reshuffle Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Keenam menteri baru tersebut dilantik secara resmi oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Desember 2020, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sandiaga Uno akan menjalankan tugas sebagai Menparekraf menggantikan Wishnutama.

Dalam keterangan pers yang disiarkan laman Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 22 Desember 2020, Sandiaga mengaku mengemban tugas yang amat berat dari presiden sebagai Menparekraf.

“Teramat sangat berat tugas yang diberikan Bapak Presiden dan Wakil Presiden di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi Covid 19, dengan menerapakan protokol kesehatan yang sangat ketat dan disiplin,” tutur Sandiaga.

Sandiaga melanjutkan, pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi lokomotif untuk melanjutkan agenda-agenda pembangunan demi menghadirkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, ia pun mengungkapkan tiga strategi awal yang akan diterapkan dalam mengemban tugas sebagai Menparekraf.

Pertama, strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, pendekatan bigdata, dan pendekatan kekinian.

“Strategi ini untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan dan memastikan para pelaku sektor parekraf bisa bertahan, bertahan, dan menangkap peluang menjadi pemenang. Harus bergerak cepat dalam 1 tahun harus ada perubahan signifikan, usaha, infrastruktur, segala yang berkaitan dengan parekraf,” jelasnya.

Strategi kedua yakni adaptasi dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sekarang terjadi. Dengan  mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi wisata dan setiap lini ekonomi kreatif. Salah satunya program CHSE (Clean, Health, Safety & Environment).

Terakhir, strategi yang akan diterapkan Sandiaga yaitu kolaborasi. Kolaborasi dengan menggandeng semua pihak, baik itu pemerintah, kementerian, akademisi, pelaku pariwisata, pelaku ekonomi kreatif, dan masyarakat umum.

“Untuk keluar dari pandemi Covid-19 dan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita harus berkolaborasi. Membangun sektor parekraf untuk lebih baik lagi ke depannya. Melanjutkan yang baik dan mengkoreksi apa yang harus diperbaiki,” paparnya.

Silakan baca: Sandiaga Uno Jadi Menteri Parekraf Gantikan Wishnutama

Usai dilantik pada Rabu, 23 Desember 2020, Sandiaga pun mengunggah foto pelantikannya di laman Instagram pribadinya @sandiuno dan meminta doa serta dukungan dari seluruh pihak dalam menjalankan tugasnya.

Hari ini, baru saja saya menerima amanah, sebuah tanggung jawab besar dari Bapak Presiden Joko Widodo untuk meneruskan perjuangan sahabat baik saya Mas Wishnutama untuk memimpin Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Mohon doa, dukungan, dan juga kolaborasi dari seluruh masyarakat agar kami di Kementerian ini dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar peluang usaha dan lapangan kerja kembali terbuka luas,tulisnya.*