Sandiaga Uno Jadi Menteri Parekraf Gantikan Wishnutama

sandiaga
Sandiaga Uno. (Dok. antaranews).*

 

BandungKlik – Sandiaga Salahuddin Uno dipilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) oleh Presiden Joko Widodo. Ia menggantikan Wishnutama Kusubandio.

“Beliau (Sandiaga Uno) adalah—dulu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI, dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Presiden Joko Widodo, saat keterangan pers cabinet reshuffle di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Sandiaga adalah satu dari enam menteri yang masuk dalam daftar cabinet reshuffle tersebut.

Sosok Sandiaga memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain pengusaha, mantan Wakil Gubernur Jakarta, dan politisi, ia juga pernah maju sebagai calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2019.

Sebagai pengusaha ia mendirikan sebuah perusahaan investasi bernama Saratoga Investama Sedaya. Perusahaan tersebut bergerak di bidang investasi. Saat ini, lulusan George Washington University Amerika Serikat itu menjadi pimpinan di sejumlah perusahaan.

Sandiaga pernah dinobatkan oleh Globe Asia sebagai orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan jumlah kekayaan mencapai 245 juta dolar Amerika Serikat. Pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969 tersebut juga beroleh penghargaan Enterpreneur of The Year dari Enterprise Asia pada 2008.

Saat diumumkan menjadi Menparekraf, pendiri Bloomberg TV Indonesia itu mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Lalu, duduk di samping Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Wishnutama menyampaikan selamat dan optimistis kepada penggantinya itu. “Saya yakni di bawah kepemimpinan Mas Sandi, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat segera bangkit bahkan bisa lebih baik dari sebelumnya. Selamat Mas @sandiuno. Semoga sehat selalu dan sukses membawa @kemenparekraf.ri menjadi maju ke depan. Aamiin YRA,” tulis Wishnutama dalam akun instagram pribadinya @wishnutama, Selasa (22/12/2020). *

Silakan baca:

Hadapi Libur Natal & Tahun Baru, Menparekraf Ingatkan Penerapan Prokes