BandungKlik – Dalam menyambut HUT ke-78 RI, Advocate Squad Indonesia dan Paguyuban Advokat Sunda Indonesia (PAKSI) gelar “5K Fun Walk Bareng Kang Ali”. Dengan titik start dan finish di Laswee.id, Jalan Laswi, No.1, Bandung, Minggu (12/8/23) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Ketua Advocate Squad Indonesia sekaligus Ketua Umum PAKSI, Dr.(Ca) Mohamad Ali Nurdin, SH, MH, MKn, C.R.A, C.L.I. Diikuti sekitar 400 advokat yang berasal dari Kota Bandung dan sekitarnya.

Usai mengikuti fun walk, Ali Nurdin menuturkan kepada awak media, acara 5K Fun Walk merupakan salah satu bentuk untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke-78.

“Kita tidak boleh lengah dan tidak boleh lupa bahwa walaupun kita sudah merdeka selama 78 tahun, tetapi kita belum merdeka dalam banyak hal. Di antaranya belum merdeka dalam kebodohan dan kemiskinan,” ungkap Ali Nurdin yang kini menjadi calon kuat Ketua DPC Peradi (Perhimpunan Advokat Indonesia) Bandung.

Ali menambahkan, sebagai generasi yang ditakdirkan mengisi kemerdekaan harus membuat masa depan lebih baik. Serta membuat sesuatu untuk bangsa dan negara ini.

“Salah satunya kegiatan ini yang dihadiri 400 advokat dari Bandung dan sekitarnya. Para advokat ini merupakan anggota DPC Peradi Bandung yang di dalamnya terdapat delapan organisasi advokat. Alhamdulillah mereka hadir semua. Mudah-mudahan kegiatan ini memperkuat keguyuban Advokat di Bandung,” paparnya.

Silakan baca: Advocate Squad Indonesia Bersama PAKSI dan Polrestabes Bandung Gelar Kegiatan Donor Darah

Acara 5K Fun Walk Bareng Kang Ali ini juga dimeriahkan pembagian doorprize dengan aneka hadiah menarik bagi para peserta. Kemeriahannya pun bertambah dengan adanya sesi fun games dan live music.

Kegiatan Sosial Lain
5K Fun Walk Bareng Kang Ali
Sesi wawancara Mohamad Ali Nurdin bersama jajaran pengurus. (BandungKlik/Iwan)

Selain fun walk, lanjut Ali, DPC Peradi Bandung juga kerap menggelar kegiatan sosial lainnya, seperti bantuan konsultan hukum gratis, donor darah, bakti sosial, dan banyak lagi.

“DPC Peradi Bandung sudah sejak lama memberikan bantuan hukum dan konsultasi hukum untuk masyarakat secara gratis. Salah satunya rutin diadakan di Lapangan Tegalega Bandung,” sebut Ali yang juga merupakan Wakil Ketua DPC Peradi Bandung.

“Saya sebagai Ketua PAKSI bersama anggota juga sering memberikan edukasi hukum kepada para pengemudi ojek online,” tambahnya.

Ia pun berharap organisasi-organisasi advokat, khususnya di Kota Bandung dapat lebih sering memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat. Terutama bagi mereka yang tidak mampu.

“Karena seperti kita ketahui, penduduk kota Bandung sangat banyak jumlahnya dan terdiri dari banyak etnis dan suku,” ucapnya.

Sementara itu, Sekjen DPC Peradi Bandung menuturkan, DPC Peradi Bandung yang di dalamnya terdapat delapan organisasi advokat yang solid.

Silakan baca: Laswee Creative Space Bandung, Ruang Kreatif Bagi Publik

“Kami pun sangat mendukung Mohamad Ali Nurdin sebagai calon Ketua DPC Peradi Bandung. Saat ini Peradi Bandung membutuhkan sosok yang dapat membuat perubahan dan meningkatkan Peradi Bandung dari sebelumnya,” ungkapnya.*