Tari samba Brasil dengan ritme 2/4-nya muncul dari campuran pengaruh Afrika dan Eropa pada abad ke-16. Tarian ini berkembang dari waktu ke waktu menjadi identitas budaya bagi orang Brasil.

 

BandungKlik – Samba Brasil adalah salah satu tarian paling populer di dunia dari Amerika Selatan. Dari daratan Amerika Latin lainnya, tepatnya Argentina, sohor pula tarian tango.

Selain itu, Brasil juga identik dengan sepakbola. Begitu banyak bintang lapangan hijau dunia lahir dari negeri tersebut. Julukan tim Samba juga melekat bagi tim nasional negara beribu kota Brasilia ini. Para bintang Samba akan beraksi meladeni bintang Tango Argentina pada final Copa America 2021, Minggu 11 Juli 2021 waktu Indonesia.

Tarian ini telah berkembang dari waktu ke waktu. Menelusuri pengaruhnya dari genre asli Angola dan Kongo, tarian modern adalah bukti budaya yang berbeda.

Asal usul tarian

Orang-orang Afrika memperkenalkan tarian samba yang mengglobal itu saat tiba di Brasil pada abad ke-19. Para penjajah dari Eropalah yang membawa mereka yaitu budak-budak Afrika yang punya keunikan budaya. Ya, keunikan yang diekspresikan terutama lewat lagu dan tarian.

Penari samba. (the-vale).*

Silakan baca: Tango, Tarian Favorit Imigran dan Argentina yang Mendunia

Ciri khas tarian samba adalah langkah berirama cepat dan gerakan bergoyang dari para penari yang dibuat dengan ketukan yang hidup. Dalam praktiknya, menggunakan berbagai instrumen perkusi seperti jimbe dan instrumen tiup seperti terompet dan klarinet. Tari ini kaya akan ketukan dan adat Afrika dan telah memasukkan budaya lain sepanjang perkembangannya, sebagian besar dari Amerika Latin.

Samba muncul sebagai tarian satu orang dan sebagian besar dilakukan secara pribadi. Apa sebab? Orang Brasil kelas atas awalnya tidak menyetujui tarian itu karena dianggap “murahan”.

Ketika perbudakan dihapuskan, popularitas tarian ini semakin besar tetapi baru pada 1920-an diterima secara luas. Tari samba telah melampaui warna dan kelas sosial serta menjadi elemen penting pemersatu Brasil. Pergelaran karnaval di Brasil wajib menampilkan tarian energik dan cepat itu.

Penyebaran

Dalam perkembangannya tarian samba menyebar dari Rio de Janeiro ke seluruh Brasil, Amerika Latin sampai akhirnya ke seantero dunia. Berawal sebagai tarian solo dan berkembang saat menemukan jalannya melalui favela, diskotek, dan ballroom. *

Silakan baca: Machu Picchu, Simbol Agung Peradaban Inca

 

Sumber: worldatlas